Senin 22 Mar 2021 04:50 WIB

Hampir Separuh Calon Haji di Banyumas Telah Divaksin  

Banyumas melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap calon jamaah haji

Rep: Eko Widiyatno   / Red: Nashih Nashrullah
Banyumas melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap calon jamaah haji. Ilustrasi vaksin.
Foto: istimewa
Banyumas melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap calon jamaah haji. Ilustrasi vaksin.

IHRAM.CO.ID, PURWOKERTO – Jumlah calon jamaah haji di Kabupaten Banyumas yang telah mendapat vaksin Covid 19, sudah cukup banyak. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, menyebutkan jumlah calon jamaah haji yang divaksin sudah mencapai 36 persen. 

Baca Juga

''Dari calon jamaah haji 2021 sebanyak 1.146 orang, yang sudah divaksin mencapai sebanyak 414 orang. Ini sudah cukup banyak,'' katanya, Sabtu (20/1). 

Dia menyebutkan, sebagian calon haji tersebut mendapat vaksin memang bukan dari program vaksinasi khusus bagi calon jamaah haji. 

 

Namun karena para calon jamaah haji tersebut merupakan kelompok lansia di atas usia 60 tahun yang didahulukan mendapat vaksin. 

''Kebetulan mereka merupakan calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci 2021 ini, sehingga secara tidak langsung juga meringankan beban kami bila program vaksinasi bagi calon jamaah haji kelak dilaksanakan,'' katanya.  

Dia bahkan memperkirakan, jumlah calon jamaah haji yang mendapat vaksin ini akan terus bertambah, mengingat program vaksinasi akan terus berjalan dan menyasar elemen-elemen masyarakat lainnya. 

''Bagaimana pun, calon jamaah haji ini tetap mendapat prioritas untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Kalaupun ada calon jamaah haji yang belum divaksin karena tidak masuk dalam kelompok masyarakat yang mendapat vaksin, pada saatnya pasti akan mendapat vaksin sebelum masa pemberangkatan ke tanah suci,'' katanya. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Banyumas, Akhsin Aedi, membenarkan sudah ada ratusan calon haji yang sudah mendapat suntik vaksin. 

Namun dia menyebutkan, mereka yang sudah divaksin bukan karena pihak terkait sudah melakukan program vaksinasi bagi calon haji. 

''Total sudah ada 414 calhaj yang menerima vaksin. Semuanya merupakan calon jamaah haji berusia 60 tahun ke atas, dan mendapat vaksin karena masulk golongan lansia,'' katanya.

Menurutnya, sejauh ini masih belum bisa dipastikan apakah pemerintah Arab Saudi akan membuka jamaah haji seperti pada masa sebelum pandemi Covid-19. 

Namun dia menyatakan, pemberian vaksin perlu dilakukan sebagai antisipasi bila kelak para calon jamaah haji asal Indonesia bisa berangkat ke tanah suci. 

Dia menyebutkan, jumlah calon jamaah haji asal Banyumas 2021 ini, tercatat sebanyak 1.146. ''Mereka yang tahun ini direncanakan berangkat ke Tanah Suci, sebagian besar merupakan calon jamaah haji yang tahun lalu tidak jadi berangkat,'' katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement