Jumat 19 Mar 2021 13:49 WIB

Cara UMM Akrabkan Calon Mahasiswa Baru

Program siaran langsung UMMTalks di Instagram sudah berlangsung sejak 2019.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan UMMTalks yang disiarkan secara langsung melalui akun resmi Instagram @ummcampus.
Foto: dok. Humas UMM
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan UMMTalks yang disiarkan secara langsung melalui akun resmi Instagram @ummcampus.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Wilda Fizriyani

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki cara tersendiri untuk mengakrabkan diri dengan para calon mahasiswa baru (camaba). Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial melalui agenda UMMTalks yang disiarkan secara langsung melalui akun resmi Instagram //@ummcampus//.

Program siaran langsung UMMTalks di Instagram sudah berlangsung sejak 2019. Program ini telah mengundang banyak narasumber untuk berbagi ilmu pengetahuan dan kisah prestasi. Jika sebelumnya agenda ini difokuskan untuk membahas isu-isu terkini, kali ini UMMTalks mengusung ide-ide baru dengan menghadirkan siswa-siswi SMA dan SMK dari seluruh Indonesia untuk berbagi inspirasi prestasi mereka.

Dikemas dalam acara bertajuk 'UMMTalks goes to School', hingga saat ini sudah akan ada berbagai sekolah yang siap bergabung. Siswa SMA Bunga Bangsa Samarinda, Muhammad Ridlo Akmal, merasa sangat antusias dan sempat canggung karena harus melakukan siaran langsung di akun resmi Kampus Putih.

Sebelumnya, Ridlo belum pernah mendapatkan undangan dalam kegiatan tersebut. "Apalagi saya harus bicara di depan para penonton yang tentu saja mengikuti akun instagram //@ummcampus// ini,” katanya.

Pada episode pertama, agenda ini menghadirkan dua orang siswa dari SMA Bunga Bangsa Samarinda. Mereka antara lain Muhammad Ridlo Akmal dan Aryathama Raditya Agung. Kedua siswa ini berbagi cerita tentang proses prestasi mereka sekaligus berbagi tentang dunia kampus dengan narasumber yang hadir.

Aryathama Raditya Agung mengaku belum menentukan jurusan yang akan diambil saat kuliah nanti. Namun setelah bergabung di acara ini, dia setidaknya bisa memahami bagaimana dunia perguruan tinggi.

Selain memberikan gambaran tentang lingkungan belajar di universitas, melalui agenda ini UMM juga memberikan pengetahuan dasar tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal ini terutama kepada para siswa-siswi kelas XII yang akan segera lulus dan mengenyam pendidikan tinggi.

Siswa Jurusan Multimedia SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Abdul turut hadir sebagai narasumber. Dia mengutarakan rasa senangnya bisa bergabung dalam agenda ini. Apalagi setelah mengetahui peluang-peluang program apa saja yang akan ditemui saat masuk perguruan tinggi nantinya.

“Hari ini saya jadi tahu ada banyak peluang yang bisa diambil di jurusan saya ini. Saya berharap bisa melanjutkan pendidikan di kampus UMM dengan berbagai fasilitas beasiswanya,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement