Bulog Sultra Siapkan Stok Pangan Hadapi Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Selasa 16 Mar 2021 23:47 WIB

Bulog Sultra Siapkan Stok Pangan Hadapi Ramadhan Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah Bulog Sultra Siapkan Stok Pangan Hadapi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara menyampaikan saat ini tengah menyiapkan stok pangan dalam menghadapi Ramadhan 2021. Kepala Perum Bulog Divre Sultra Ermin Tora mengatakan upaya yang dilakukan, yaitu penyiapan stok.

"Alhamdulillah penyiapan stok beras kami cukup tersedia. Kemudian kami juga punya daging sudah masuk, gula juga masih ada," kata Ermin, Selasa (16/3).

Baca Juga

Ia menyebutkan, saat ini stok beras di gudang Bulog sebanyak 2.000 ton, stok daging 6.500 kilogram, dan 30 ton gula pasir. "Dalam waktu dekat kami juga ada penerimaan gula 200 ton," ujar dia.

Ia juga melakukan koordinasi dengan seluruh cabang di daerah itu dan pemerintah daerah dalam rangka penyiapan stok termasuk pendistribusian kepada masyarakat. "Mungkin kami dengan Dinas Perdagangan terus koordinasi melakukan pendistribusian kepada masyarakat. Apakah itu di pasar ataupun langsung ke titik-titik pemukiman masyarakat," kata dia.

Ermin mengaku siap mengoptimalkan jaringan distribusi Bulog dalam hal ketersediaan pangan dan melakukan penjualan komoditi langsung kepada masyarakat. Ia berharap melalui kegiatan tersebut masyarakat dapat memperoleh akses komoditi yang cukup.

"Mengantisipasi bulan puasa kami berharap masyarakat tidak panik karena pada April nanti akan berlangsung musim panen padi sehingga persediaan pasokan di pasar cukup. Panen nantinya akan memperkuat stok di Bulog, dengan seperti itu harga beras di pasar stabil," katanya.