Sabtu 27 Feb 2021 21:07 WIB

Ilmiah Buktikan Kebenaran Alquran Semesta Tercipta Detail

Ilmiah membuktikan kebenaran Alquran bahwa semesta diciptakan terukur

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilmiah membuktikan kebenaran Alquran bahwa semesta diciptakan terukur. Alam semesta (ilustrasi).
Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, Studi ilmiah menunjukan bahwa alam semesta mengandung milyaran galaksi, dan semuanya berjalan dalam sistem luar biasa akurat. Tak mungkin membayangkan bahwa mengatur sistem seperti itu adalah kebetulan.

Penelitian ilmiah telah membuktikan fakta-fakta tentang alam semesta dan juga tentang persebaran galaksi (struktur kosmik). Seperti jalur yang diambil galaksi dan bintang yang telah diidentifikasi, ditemukan bahwa setiap struktur terdiri dari ribuan galaksi yang berbaris dan sangat rapat. Ini menunjukan kehebatan dan keakuratan pembuatannya dan penguasanya. Karenanya kita menyadari Allah dalam Alquran bersumpah dengan langit.

والسماء ذات الحبك "Demi langit yang mempunyai jalan-jalan." (QS ad-Dzariyat: 7).

Alhabbuk dengan fathah pada huruf ha dan sukun pada ba, berarti mengikat dan mengeratkan, serta meningkatkan kualitas gaun.

Sedang hubuku dengan dlamah pada ha dan ba berarti menggabungkan beberapa sifat di antara beberapa kain benang yang rapat kuat. Kata ini juga menunjukan adanya sejumlah urutan, ketika penenun menenun pakaian maka akan menggunakan cara khusus untuk menenun benang dan ini membuat kain kencang sebab bila tidak maka akan jadi longgar dan lemah.

Kata ini juga menunjukkan adanya beberapa urutan dalam string ini. Karena ketika penenun menenun pakaian, dia menggunakan sistem khusus untuk menenun benang, dan sistem ini membuat kain menjadi kencang, jika tidak maka akan longgar dan lemah.

Dan kata hubuk atau rajutan, sebagaimana dikatakan mufasir, yakni kalimat yang mengacu pada jaring yang ketat. Imam Qurthubi berkata dari Ibnu Abbas bahwa sesungguhnya hubuk yaitu menciptakan kebaikan yang merata. Dan bila seorang penenun menenun disebutkan bahwa kecintaannya pada pakaian bersama dalam rajutannya. Ibnu Arabi berkata segala sesuatu yang kau nilai dan dikerjakan baik maka aku terjalin dengannya.

Dan kumpulan semua makna ini terkumpul dalam kalimat Alquran Alhubuk atau menenun. Ini adalah salah satu keajaiban Alquran. Yang memberikan kita ta'bir yang benar.

Membuat orang mencari, menemukan, mengolah istilah dengan berlalunya waktu, akan tetapi pada akhirnya mereka mencapai kebenaran maka mereka menemukan dengan jelas dalam kitab Allah.

Dan para ulama memahami ayat ini sesuai fakta ilmiah yang ditemukan abad ke-20 termasuk oleh Dr Zaghloul Najjar. Yang berkata tentang ayat ini :

هنا يتضح جانب من الوصف القرآني للسماء،‏ بأنها ذات (حُبُك) Di sini, sebagian dari deskripsi Alquran tentang langit menjadi jelas. Maksudnya Allah menghubungkan semua komponen dari yang rumit yaitu penyusunan utama inti atom ke unit terbesar yaitu gugus galaksi seluruh alam semesta.

Sumber: islamweb