Selasa 23 Feb 2021 19:54 WIB

5 Hal Terkait Umar bin Khattab yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat fakta-fakta terkait Umar bin Khattab RA

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat fakta-fakta terkait Umar bin Khattab RA. Umar ibn Khattab (ilustrasi)
Foto: wikipedia
Terdapat fakta-fakta terkait Umar bin Khattab RA. Umar ibn Khattab (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Semasa hidup Rasulullah ﷺ, beliau senatiasa ditemani para sahabat yang setia menemaninya dalam berdakwah. Salah satu sahabat setia Rasulullah yakni, Umar bin Khattab RA.

Umar termasuk orang-orang yang lebih awal masuk Islam. Dia juga ikut bermigrasi dari Makkah ke Madinah. Setelah wafatnya Nabi dan sahabat Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar mengambil posisi sebagai pemimpin umat Islam. Dikutip dari laman Mawdoo3 pada Selasa (23/2), berikut sejumlah fakta-fakta tentang Umar:

Baca Juga

1. Garis keturunan Umar. Dia adalah Umar bin al-Khattab al-Adawi. Dia adalah salah satu bangsawan Quraisy. Dia lahir tiga belas tahun setelah kelahiran Rasulullah ﷺ. Nama panggilannya adalah Abu Hafs.

2. Umar memeluk Islam di Makkah Al-Mukarramah setelah lima puluh satu pria dan wanita yang masuk Islam sebelum dia. Umar merupakan salah satu dari sahabat yang ikut dalam Bai’at al-Ridwan. Dia dikenal dengan gelar Al-Farouq karena dia membedakan antara yang hak dan batil. Dia menjadi salah satu satu sahabat yang dijanjikan kepadanya Surga. Umar juga mengambil alih kekhalifahan setelah Abu Bakar wafat.

3. Prestasi Umar pada masa kekhalifahanya. Salah satu prestasi terpentingnya adalah mendirikan diwan untuk pencatatan pengeluaran dan pemasukan dana, penyerahan hibah sesuai yang diutamakan, dan pengesahan penanggalan Hijriyah.

4. Dia senantiasa menjunjung kebenaran, dan jernih dalam berfikir. Dia begitu tertarik untuk mendukung orang-orang yang tertindas. Selain itu juga dia senantiasa menyebarkan keadilan.

5. Umar merupakan orang yang kuat dalam struktur tubuhnya, dia tinggi, kepalanya botak, dan wajahnya begitu merah.

Sumber: mawdoo3 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement