Senin 22 Feb 2021 15:05 WIB

Survei LSI: Kinerja Menhan Prabowo Paling Memuaskan

Semakin dikenal masyarakat, semakin tinggi pula tingkat kepuasan masyarakat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.
Foto: EPA
Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi menteri dalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang paling memuaskan kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan survei yang digelar oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Sebanyak 13 persen responden menyatakan kinerja Prabowo sangat memuaskan, 62 persen lainnya menyatakan cukup puas. Di posisi kedua ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, 8 persen responden mengaku sangat puas dan 61 persen menyebut cukup puas.

Baca Juga

"Tingkat kepuasannya paling tinggi terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani, kemudian Menteri sosial Tri Rismaharini, diikuti kemudian oleh Pak Erick Tohir," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, Senin (22/2).

Masyarakat yang menilai kinerja Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sangat memuaskan 12 persen, sedangkan yang menyatakan cukup puas sebesar 56 persen. Berikutnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini meraih penilaian sangat memuaskan sebesar 12 persen dan yang menyatakan cukup puas 53 persen.

 

Djayadi menjelaskan, tingkat kepuasan publik bergulir pada nama-nama sebelumnya telah dikenal oleh masyarakat. Semakin dikenal masyarakat, semakin tinggi pula tingkat kepuasan masyarakat. Terlihat dari tingginya tingkat kepuasan kepada Prabowo dan Sandiaga yang notabenenya merupakan kontestan pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"Menteri yang memiliki tingkat atau lebih banyak dibicarakan baik di media atau di tempat-tempat pembicaraan lainnya, secara umum itu cenderung memperoleh kepuasan yang lebih tinggi di masyarakat," ujar Djayadi.

LSI melakukan survei dengan metode wawancara tatap muka sejak 25-31 Januari 2021, dengan responden sebanyak 1.200 orang. Margin of error dari ukuran sample tersebut sebesar sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menanggapi hasil survei, politikus Partai Gerindra, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, bahwa saat ini Prabowo tengah fokus menunaikan amanah sebagai Menhan.

"Beliau sepenuhnya menggunakan kapasitasnya untuk membantu Presiden Joko Widodo agar bisa terus meningkatkan kekuatan pertahanan RI sebagaimana amanah yang dibebankan oleh Presiden ke beliau," kata Dahnil kepada Republika, Senin (22/2).

"Terkait dengan opini publik, apa pun itu, beliau menghormati sepenuhnya," ujar juru bicara Prabowo Subianto tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement