Senin 22 Feb 2021 09:46 WIB

Kelompok Seni Pakistan Incar Kemitraan Bersama Arab Saudi

Kelompok seni Pakistan ingin melakukan proyek hiburan berskala besar.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Kelompok Seni Pakistan Incar Kemitraan Bersama Arab Saudi
Foto: pixabay
Kelompok Seni Pakistan Incar Kemitraan Bersama Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, KARACHI -- Dewan Seni Pakistan (ACP) memiliki mimpi menampilkan bakat dan keterampilan dari pelukis, musisi, penari, maupun seniman dari Arab Saudi kepada penonton di negaranya. Untuk mewujudkan hal ini, mereka berkeinginan melakukan kolaborasi dengan asosiasi yang berpikiran sama di Kerajaan.

"Saya menulis kepada pejabat Saudi yang bertanggung jawab atas seni dan budaya, meminta mereka membawa senimannya ke Pakistan. Saya pikir kita bisa menjadi lebih dekat melalui kontak orang-ke-orang karena ini, dan memungkinkan kedua pihak untuk saling memahami dengan lebih baik," kata Presiden ACP, Ahmed Shah, dilansir di Arab News, Senin (22/2).

Baca Juga

ACP merupakan organisasi nirlaba yang mempromosikan kehidupan dan aktivitas budaya di Pakistan. Lembaga ini telah mendapatkan pengakuan internasional dalam beberapa tahun terakhir, setelah kolaborasinya dengan beberapa negara seperti AS, Jerman, Portugal, China dan Jepang.

Selama 12 tahun tumbuh dan berkembang bersama lembaga ini, Shah telah mengubah citra ACP menjadi pusat seni, budaya dan sastra terkemuka. Dia mendirikan akademi pelatihan di bawah naungan organisasi untuk mempromosikan musik, tari, dan teater.

Fasilitas pelatihan yang digagas ACP ini juga memberikan pendidikan gratis kepada lebih dari seribu siswa kurang mampu setiap tahunnya. Mimpi Shah selanjutnya adalah berkolaborasi dengan Arab Saudi, mendirikan galeri, membuat musik, dan melakukan proyek hiburan berskala besar, dengan membangun tempat-tempat pusat seni seperti Qiddiya.

"Saya sangat senang mengetahui Kerajaan saat ini lebih terbuka di bawah kepemimpinan mumpuni Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang dinamis dan mendorong promosi seni dan budaya,” katanya.

Di bawah kepemimpinan putra mahkota, ia menyebut Kerajaan memahami masa depan, baik masa depan wilayah atau masa depan dunia. Ia memprediksi Putra Mahkota memiliki visi untuk membuat negaranya sangat makmur dan progresif.

Tahun lalu, drama Pakistan yang populer, Dhoop Kinare, disulihsuarakan dalam bahasa Arab dan diputar di Kerajaan. Shah berharap lebih banyak drama dan film Pakistan yang disulihsuarakan dan dikirim ke Arab Saudi. Produksi acara televisi ini ditulis oleh Haseena Moin yang juga Wakil Presiden ACP. 

https://www.arabnews.com/node/1813406/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement