Ahad 21 Feb 2021 11:32 WIB

Menkop Jadikan Perguruan Tinggi sebagai Inkubator Bisnis

Menkop menilai inkubator bisnis penting untuk cetak wirausaha baru di Indonesia

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki  menilai inkubator bisnis penting untuk cetak wirausaha baru di Indonesia
Foto: Antara/Galih Pradipta
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki menilai inkubator bisnis penting untuk cetak wirausaha baru di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki berkolaborasi dengan kalangan akademisi guna menjadikan universitas dan perguruan tinggi di Indonesia sebagai inkubator bisnis. Ia menilai, pengembangan inkubator bisnis penting demi mencetak wirausaha baru di Indonesia.

“Saya senang sekali berkolaborasi dengan universitas dalam mengembangkan kewirausahaan di kalangan anak muda. Mereka inilah yang nanti diharapkan akan menjadi  pengusaha handal ke depan,” kata Teten melalui siaran pers Sabtu (20/12).

Dirinya mengatakan, saat ini rasio kewirausahaan Indonesia masih berada di bawah Singapura yang sudah mencapai 8,76 persen , Malaysia sebesar 4,74 persen, dan Thailand sebesar 4,26 persen. Maka, kata dia, perlu dukungan semua pihak agar rasio kewirausahaan tersebut meningkat. 

“Perguruan tinggi memiliki peran penting dan strategis dalam penciptaan wirausaha baru. Baik dari kalangan mahasiswa maupun dari stakeholder lainnya,” ujarnya. 

Teten menekankan, pendekatan inkubasi sangat penting supaya anak muda dapat dilatih dari awal. Sekaligus mendapatkan bimbingan serta wawasan demi menjadi wirausaha termasuk merumuskan bisnis plan. 

Menurutnya, mereka perlu disiapkan menjadi pengusaha dan dibantu agar bisa dengan mudah mengakses skema pembiayaan, pasar, dan digitalisasi. Khususnya kredit perbankan yang terbilang masih cukup rendah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement