Jumat 19 Feb 2021 23:49 WIB

PLN Catat Rasio Elektrifikasi di Sumut Capai 99,9 Persen

GM PLN UIW Sumut menyebut elektrifikasi desa di Sumut sudah 99,66 persen

Pegawai PLN memeriksa sistem kelistrikan (ilustrasi).
Foto: PLN
Pegawai PLN memeriksa sistem kelistrikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatat hingga awal 2021 ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Sumatera Utara mencapai 99,99 persen.

"Pencapaian ini juga diikuti oleh peningkatan rasio desa berlistrik (RDB) di Sumut mencapai 98,66 persen," kata General Manager PLN UIW Sumut M.Irwansyah Putra, dalam keterangan tertulis diterima di Medan, Jumat (19/2).

Ia menyebutkan sebelumnya rasio elektrifikasi (RE) di Sumut pada tahun 2016 sebesar 93,70 persen dan mengalami peningkatan yang signifikan hingga akhir tahun 2020.

"Sementara untuk RDB di wilayah Sumut pada tahun 2017 sebesar 95,89 persen, dan hingga awal Januari 2021 terjadi peningkatan sebesar 2,77 persen," ujarnya.

 

Irwansyah mengatakan ada tambahan sembilan dusun di Kabupaten Tapanuli Utara yang telah teraliri listrik. Salah satunya Dusun Torhanas, Desa Pardamean Nauli, Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kini aktivitas masyarakat dapat lebih murah dan nyaman terutama dalam kegiatan belajar dan beribadah serta roda perekonomian dapat meningkat.

"Sembilan dusun yang kini dapat menikmati listrik meliputi Dusun Limus, Lobu Haminjon, Lobu Jambang, Siantar Naipospos, Batu Lamak, Torhonas, Bagot, Huta Silalahi, dan Dusun Sitandiang," jelasnya.

Peresmian penyambungan listrik pedesaan dilakukan M. Irwansyah Putra dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement