Jumat 19 Feb 2021 05:35 WIB

Apakah Puasa Rajab Dianjurkan?

Rajab adalah satu dari empat bulan suci yang Allah sebutkan dalam Alquran.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Apakah Puasa Rajab Dianjurkan? Puasa (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Apakah Puasa Rajab Dianjurkan? Puasa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rajab adalah satu dari empat bulan suci yang Allah sebutkan dalam Alquran. Namun mengenai anjuran berpuasa dan ibadah lainnya yang dilakukan di bulan Rajab, tidak ada hadits khusus yang menyatakan hal tersebut.

Dilansir di About Islam, Kamis (18/2), dosen dan juga penulis Islam asal Saudi, Syekh Muhammad Saleh Al-Munajjid mengatakan, firman Allah yang menjelaskan tentang bulan Rajab ada pada surat At-Taubah ayat 36.

Baca Juga

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan sebagaimana ketetapan Allah sejak hari ketika Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan suci; itulah ketetapan yang benar; oleh karena itu janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semua; dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertaqwa (melawan kejahatan)," (At-Taubah ayat 36).

Menurut Al-Munajjid, bulan-bulan suci tersebut adalah Rajab, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Seperti diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad (saw) bersabda: “Satu tahun terdiri dari dua belas bulan, empat di antaranya adalah bulan suci: tiga di antaranya berturut-turut, Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram, yang mainnya adalah Rajab Mudar yang terletak di antara Jumadail akhir dan Sya'ban,” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Menurut Al-Munajjid, firman Allah tentang empat bulan suci itu sebagai bulan yang diharamkan untuk melakukan peperangan, permusuhan, kecuali musuh memprakarsai lebih dulu. Selain itu, Allah juga melarang hambahnya melakukan dosa selama bulan-bulan haram (suci) tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement