Selasa 09 Feb 2021 13:32 WIB

Bagaimana Mencari Tahu Jawaban dari Sholat Istikharah?

Jawaban tidak selalu hadir melalui mimpi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Mencari Tahu Jawaban dari Sholat Istikharah?
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Bagaimana Mencari Tahu Jawaban dari Sholat Istikharah?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat istikharah merupakan sholat yang dilakukan ketika Muslim dihadapkan pada suatu pilihan dan mencari jawaban. Namun, yang kerap menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengetahui bahwa Allah telah menjawab doa kita.

Dilansir dari About Islam, jawaban tidak selalu hadir melalui mimpi. Petunjuk akan datang dalam bentuk yang lebih halus, di mana setelah dia melakukan sholat, Muslim harus mencoba memutuskan apa yang terbaik, kemudian merasa yakin apa yang akan terjadi adalah yang terbaik. Ia juga bisa meminta nasihat dari orang-orang yang dia percayai.

Baca Juga

Petunjuk lain juga bisa datang melalui apa yang dirasakan Muslim di dalam hati. Karena hubungan dengan Tuhan adalah hubungan yang sangat melibatkan hati, jiwa, dan pikiran. Petunjuk atau jawaban yang dicari biasanya dapat dirasakan di dalam hati daripada melalui mimpi.

Baca juga: Bolehkah Sholat Witir tanpa Sholat Tahajud Dulu?

Oleh karena itu, umat Islam harus selalu berusaha mensucikan keadaan batinnya agar lebih mampu menafsirkan dan menerima hidayah Allah. Aturan umumnya adalah semakin dekat hubungan kita dengan Allah, semakin mudah membaca tanda-tanda yang diberikan-Nya dan memahami petunjuk-Nya.

Lalu bagaimana cara melakukan sholat istikharah. Rasulullah SAW bersabda, cara terbaik meminta petunjuk adalah dengan sholat dua rakaat, dan kemudian mengucapkan permohonan, yang secara kasar dapat diterjemahkan sebagai berikut:

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement