Senin 01 Feb 2021 05:24 WIB

Temui Taliban, Menlu Iran Sampaikan Permintaan Ini

Delegasi Taliban dipimpin oleh wakil ketua kelompok tersebut, Mullah Ghani Baradar.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Menlu Iran Javad Zarif
Foto: Anadolu Agency
Menlu Iran Javad Zarif

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif bertemu dengan delegasi Taliban di Teheran. Dalam pertemuan tersebut, Zarif mendorong pembentukan pemerintah yang inklusif di Afghanistan.

Pada Ahad (31/1) kantor berita Turki, Anadolu Agency melaporkan dalam pertemuan tersebut Zarif mengatakan pemerintahan Afghanistan yang baru harus inklusif. Artinya semua kelompok etnik dan politik harus turut berpartisipasi dalam pemerintahan.

Baca Juga

"Keputusan politik tidak bisa dibuat dalam kevakuman kekuasaan dan pembentukan pemerintahan yang inklusif harus dilakukan dalam proses partisipatif dan dengan memperhatikan struktur fundamental, institusi dan hukum, seperti Konstitusi (Afghanistan),” kata Zarif dalam pernyataannya.

Menlu Iran itu juga mengungkapkan kesiapannya memfasilitasi dialog antara pemerintah Afghanistan, Taliban dan kelompok Afghanistan lainnya. Ia mengatakan 'rakyat Afghanistan telah dianiya'.

Delegasi Taliban itu dipimpin wakil ketua kelompok tersebut, Mullah Ghani Baradar. Ia dan kelompoknya tiba di Teheran pada Selasa (26/1) atas undangan dari Iran untuk berbicara dengan Pemerintah Iran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement