Senin 01 Feb 2021 05:03 WIB

Lima Fakta Sains dalam Alquran

Lima fakta sains dalam Alquran.

Foto: Republika.co.id
Lima Fakta Sains dalam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, 

Asal Mula Kehidupan

"Kami membuat semua makhluk hidup dari air. Akankah mereka tidak percaya?" (QS. Al-Anbiya :30).

Fakta makhluk hidup sebagian besar terdiri atas air ditemukan hanya setelah penemuan mikroskop. Tapi, di sebuah padang pasir Arab, fakta ini telah dijelaskan ratusan tahun lalu.

 

Besi

Alquran mengatakan hal berikut tentang asal muasal besi.

"Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat, dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa," (QS. Al-Hadid: 25).

Fakta besi turun ke bumi dari luar angkasa adalah sesuatu yang tidak dapat diketahui oleh ilmu pengetahuan primitif abad ketujuh.

Perlindungan Langit

"Dan Kami menjadikan langit sebagai atap yang terpelihara, namun mereka tetap berpaling dari tanda-tanda (kebesaran Allah) itu (matahari, bulan, angin, awan, dan lain-lain)," (QS. Al-Anbiya: 32).

Langit melindungi bumi dari sinar matahari yang mematikan dan dari dinginnya ruang angkasa. Sifat pelindung langit ditemukan oleh penelitian ilmiah yang dilakukan pada abad ke-20.

Pegunungan

"Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? Dan gunung-gunung sebagai pasak?" (QS. An-Naba: 6-7).

Alquran menunjukkan, gunung memiliki akar yang dalam dengan menggunakan kata pasak untuk menggambarkannya. Fakta pegunungan memiliki tiang yang dalam seperti akar tidak diketahui sampai perkembangan teori lempeng tektonik pada awal abad ke-20.

Perluasan Alam Semesta

"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa," (QS. Az-Zariyat: 47).

Fisikawan Stephen Hawking dalam bukunya A Brief History of Time menulis, "Penemuan alam semesta mengembang adalah salah satu revolusi intelektual besar di abad ke-20." Namun, Alquran menyebutkan perluasan alam semesta bahkan sebelum teleskop ditemukan!

Pengolah: Ani Nursalikah/Alkhaledi Kurnialam

Sumber: About Islam

sumber : Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement