Sabtu 30 Jan 2021 05:03 WIB

Dewan Gereja Singapura Prihatin Remaja Ingin Serang Masjid

Remaja itu disebut mengembangkan ideologi ekstremisnya sendiri.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Dewan Gereja Singapura Prihatin Remaja Ingin Serang Masjid. Bendera Singapura
Foto: IST
Dewan Gereja Singapura Prihatin Remaja Ingin Serang Masjid. Bendera Singapura

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Dewan Gereja Nasional (NCCS) dan para pemimpin Kristen lainnya di Singapura menyatakan keterkejutannya serta kesedihan dan keprihatinan atas rencana seorang remaja setempat yang merencanakan penyerang dua masjid dan membunuh jamaah Muslim. Mereka juga mengecam tindakannya bukanlah sebagai representasi dari agama Kristen dan ajaran agama kristen.

Tersangka telah ditahan sesuai dengan Undang-Undang Keamanan Internal (ISA) untuk kegiatan terkait terorisme. Dia menjadi orang pertama yang terinspirasi oleh ideologi ekstremis sayap kanan.

Baca Juga

NCCS juga menyampaikan terima kasih kepada pihak berwenang atas tindakan cepatnya, sehingga mengagalkan rencana tersangka yang dapat menyebabkan luka serius bagi umat Islam.

"NCCS menghargai hubungan khusus yang dimilikinya dengan komunitas Muslim. Ia ingin meyakinkan teman-teman Muslim, bahwa tidak ada permusuhan antara komunitas kami, dan kami tetap berkomitmen mengalahkan kebencian dan kekerasan," katanya dalam sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh presidennya Pendeta Keith Lai dan sekretaris jenderal Pendeta Ngoei Foong Nghian, dilansir dari The Straits Times, Kamis (28/1).

 

Dewan tersebut mengatakan kepada The Straits Times mereka juga akan bertemu dengan Mufti Nazirudin Mohd Nasir, otoritas Islam tertinggi di Singapura, dan para pemimpin Muslim. Pertemuan juga akan membahas masalah ini dengan para pemimpin gereja selama pertemuan triwulanan yang dijadwalkan pada hari yang sama, dan berencana untuk berbicara dengan pendeta di gereja tahanan dan menawarkan bantuan kepada jemaat.

Dalam pernyataannya, Dewan menyoroti kitab suci Kristen tentang "cintai sesamamu seperti dirimu sendiri" seperti yang dikatakan: "Kami sama sekali menolak ideologi apa pun, bahkan jika ideologi itu muncul secara fiktif di bawah label 'Kristen' - yang mendorong atau menghasut kekerasan terhadap orang lain, terutama jika mereka dari komunitas agama yang berbeda.

"Kami percaya ini adalah insiden yang terisolasi, dan pemuda itu mengembangkan ideologi ekstremisnya sendiri daripada dari ajaran apa pun dari gerejanya atau gereja lain di Singapura," kata NCCS.

Baca juga: Remaja Singapura Terinspirasi Serangan Christchurch

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement