Kamis 28 Jan 2021 15:21 WIB

Prof Sumaryanto Resmi Dilantik Sebagai Rektor UNY

Sumaryanto menggantikan Pelaksana Tugas Rektor UNY, Prof Margana.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Pelantikan Prof Sumaryanto (kanan) sebagai Rektor UNY periode 2021-2025.
Foto: Dokumen.
Pelantikan Prof Sumaryanto (kanan) sebagai Rektor UNY periode 2021-2025.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, melantik beberapa pejabat administrator dan pengawas di lingkup Kemendikbud. Salah satunya merupakan Prof Sumaryanto yang merupakan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode 2021-2025.

Dalam sambutannya, Nadiem mengatakan, tantangan bidang pendidikan di era teknologi semakin sulit. Tapi, sebagai pendidik harus tetap mampu mencetak generasi unggul, kompeten, dan dapat merespons keadaan sosial masyarakat, ekonomi, dan budaya.

"Perguruan tinggi diharapkan bisa mempersiapkan generasi yang mampu mandiri, salah satunya lewat kemampuan untuk berwirausaha dan mempunyai kreativitas tinggi menghadapi tantangan globalisasi," kata Nadiem, Kamis (28/1).

Nadiem turut berharap, pejabat-pejabat yang baru dilantik ini mampu mengemban tugas dengan baik. Sebab, ia mengingatkan, mereka akan mempertanggung jawabkan amanah yang diberikan tidak cuma kepada bangsa, negara tapi Tuhan Yang Maha Esa.

Sumaryanto sendiri terpilih sebagai Rektor UNY usai dilakukan pemilihan ulang usai ditemukan sistem Senat UNY bermasalah. Sumaryanto menggantikan Pelaksana Tugas Rektor UNY, Prof Margana, yang mengisi kursi kosong setelah Prof Sutrisna Wibawa.

Sumaryanto merupakan Guru Besar Bidang Filsafat Pendidikan Jasmani dan Olahraga UNY. Sebelum menjadi rektor, Sumaryanto merupakan Dekan FIK UNY, ketua Isori DIY, dan Penanggungjawab Umum C3 UNY yang dijabatnya sampai hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement