Kamis 21 Jan 2021 20:58 WIB

Aksi Bantu Korban Banjir Kalimantan Selatan Hasnur Group

Yayasan Hasnur Center membantu korban banjir Kalimantan Selatan

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Foto udara kondisi Desa Alat pascabanjir bandang di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Rabu (20/1/2021)
Foto: ANTARA/Muhammad Nova
Foto udara kondisi Desa Alat pascabanjir bandang di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Rabu (20/1/2021)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Melalui Yayasan Hasnur Centre, Hasnur Group turun langsung ke lapangan untuk membantu warga di Kalimantan Selatan yang tertimpa bencana banjir di banyak wilayah. Mereka membentuk tim relawan yang terdiri dari para karyawan dan juga Pemuda Bakti Banua menuju titik-titik bencana banjir di Kalimantan Selatan.

Seperti diketahui, banjir besar menerjang wilayah Kalimantan Selatan pada 12-13 Januari 2021 lalu. Banjir yang menimpa kali ini memiliki ketinggian yang bervariasi dan melumpuhkan akses jalan hingga menyebabkan kerusakan berbagai infrastruktur dan rumah-rumah warga.

Baca Juga

Hal ini berdampak pada kurangnya pasokan makanan, kebutuhan rumah tangga, dan penunjang kesehatan bagi warga terdampak. Karena itu, tim relawan yang dibentuk Hasnur Group tersebut menerjang banjir dan menyalurkan bantuan ke warga-warga terdampak, posko-posko bencana banjir, dan dapur umum.

Bantuan yang diberikan berupa paket keperluan pokok seperti sembako, mie instan, makanan ringan dan obat-obatan yang diperlukan bagi korban banjir. Kemudian, terdapat pula bantuan berupa pakaian pria, wanita, dan anak-anak, selimut, dan alat sanitasi.

Ketua Umum Yayasan Hasnur Centre, Nila Susanti Sulaiman, mengatakan bencana banjir kali ini mungkin merupakan salah satu bencana alam banjir terbesar yang dialami masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Namun, hanya melalui kerjasama dan dukungan semua pihak, kita dapat bersama-sama meringankan beban para korban,” ujar Nila dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (21/1).

Selain itu, menurut dia, penting juga memikirkan bagaimana persiapan tindakan pascabanjir, seperti perbaikan sarana dan prasarana, masalah kesehatan, dan kondisi mental para korban agar tidak menjadi sebuah trauma yang berkepanjangan. “Inilah saatnya kita menunjukkan kepedulian yang sesungguhnya kepada saudara-saudara kita,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sebagai upaya untuk memberikan bantuan moril, dalam setiap paket bantuan yang diberikan juga disisipkan kartu berisi ajakan agar para korban dapat kuat, tetap tabah, dan terus berjuang hingga bencana ini dapat tertangani secara tuntas.

Dia menegaskan, upaya bantuan dari tim relawan Yayasan Hasnur Centre ini dipastikan akan terus berlangsung hingga berakhirnya bencana banjir dan pasca berakhirnya bencana ini dengan tujuan untuk memastikan kebutuhan para warga terpenuhi dan tercukupi kebutuhannya terutama untuk sandang dan pangan.

Aksi yang telah dilangsungkan sejak hari pertama bencana bajir ini telah berhasil mendistribusikan lebih dari 2000 paket bantuan dan barang-barang penunjang lainnya ke desa-desa yang masih minim bantuan dan untuk posko-posko penanganan banjir di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Aksi ini juga bekerjasama dengan Polres Kabupaten Banjar untuk membantu memaksimalkan bantuan yang diberikan kepada warga terdampak. “Yayasan Hasnur Centre membuka donasi bagi masyarakat umum yang ingin membanti korban untuk kemudian disalurkan melalui tangan-tangan tim relawan,” kata dia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement