Kamis 21 Jan 2021 15:15 WIB

Hungaria Jadi Anggota UE Pertama Terima Vaksin Rusia

Hungaria memberi izin pakai darurat vaksin buatan Rusia, Sputnik V

Red: Nur Aini
Vaksin Rusia Sputnik V
Foto: EPA-EFE/Maxim Shipenkov
Vaksin Rusia Sputnik V

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Hungaria kemungkinan akan jadi negara anggota Uni Eropa pertama yang menerima vaksin Covid-19 buatan Gamaleya Institute Rusia, Sputnik V, setelah badan pengawas obat-obatan setempat diyakini telah memberi izin pakai darurat untuk vaksin tersebut, Rabu (20/1).

Informasi itu dikutip dari laman media setempat, Index.hu.

Baca Juga

Menteri Luar Negeri Hungaria, Peter Szijjarto, yang akan mengunjungi Moskow minggu ini, mengatakan pemerintah telah menerima draf kontrak pembelian vaksin dari badan pengelola dana investasi Rusia (RDIF). Namun, ia tidak lanjut mengonfirmasi isi berita yang diterbikan oleh Index.hu.

Szijjarto melalui pernyataan tertulisnya mengatakan jika badan pengawas obat-obatan Hungaria mengeluarkan izin pakai darurat untuk vaksin buatan Rusia itu maka kontrak pembelian akan segera ditandatangani. "Hungaria akan menerima vaksin yang aman dalam jumlah besar," kata dia

Index.hu, yang mengutip narasumber anonim, mengatakan badan pengawas obat-obatan di Hungaria atau Institut Farmasi dan Nutrisi Nasional telah mengeluarkan izin untuk Sputnik V setelah mempelajari temuan sementara pada uji klinis III.

Beberapa ahli dari Hungaria juga telah berada di Moskow selama beberapa hari.

Sementara itu, laman media Origo.hu, menerbitkan laporan yang mengatakan Institut Farmasi dan Nutrisi Nasional juga telah memberi izin pakai vaksin buatan AstraZeneca bersama Oxford University. Namun, lembaga itu tidak dapat dihubungi untuk diminta keterangan lebih lanjut.

Juru bicara Pemerintah Hungaria juga tidak dapat dihubungi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement