Kamis 21 Jan 2021 13:10 WIB

Masyarakat Diimbau Saling Membantu Saat Terjadi Bencana

Masyarakat Diimbau Saling Membantu Saat Bencana

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
Bencana alam (ilustrasi).
Foto: Antara/Embong Salampessy
Bencana alam (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Juru bicara Wapes KH Maruf Amin, Masduki Baidlowi mengatakan Wapres Ma'ruf Amin berpesan agar semua pihak bekerjasama, saling membantu dan menguatkan dalam menghadapi bencana seperti saat ini. Ma'ruf mengatakan sesuai data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pada 1-16 Januari 2021, ada 136 bencana alam terjadi di berbagai penjuru negeri.

"Wapres mengingatkan agar dalam kondisi darurat seperti ini, masing-masing pihak untuk bekerjasama, saling membantu dan menguatkan," ujar Masduki belum lama ini.

Baca Juga

Wapres kata Masduki, juga meminta BNPB, Kementerian sosial dan pemerintah daerah terkait agar mengutamakan evakuasi korban. Selain itu, ia meminta pihak tersebut menyiapkan penampungan baik tenda darurat, maupun gedung-gedung milik pemerintah daerah sebagai tempat penampungan sementara.

"Begitu pun logistik, usahakan secepatnya terpenuhi," kata Masduki.

 

Masduki mengatakan Wapres juga menyampaikan duka cita kepad korban dan keluarganya, dan berdoa agar para korban mendapatkan tempat di sisiNya. Kepada para penyitas, Wapres menyampaikan empati yang mendalam.

"Kepada para penyitas bencana Wapres meminta agar tawakal, dan terus berdoa, semoga bencana segera berlalu. Meskipun dalam kondisi pandemi, pemerintah akan selalu hadir, bersama masyarakat, bergotongroyong meringankan beban para penyitas," ujarnya.

Awal tahun ini sejumlah bencana alam terjadi di  Indonesia dan mendominasi adalah bencana hidrometeorologi. Peristiwa banjir sebanyak 95 kejadian, tanah longsor 25 kejadian, puting beliung 12 kejadian, gempa bumi 2 kejadian dan gelombang pasang 2 kejadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement