Selasa 19 Jan 2021 10:04 WIB

Benarkah Padang Mahsyar di Akhirat Kawasan tak Berpenghuni?

Rasulullah SAW menyebut gambaran Padang Mahsyar kelak

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW menyebut gambaran Padang Mahsyar kelak . Ilustrasi Padang Mahsyar
Foto: Pixabay
Rasulullah SAW menyebut gambaran Padang Mahsyar kelak . Ilustrasi Padang Mahsyar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setiap insan manusia akan kembali ke kampung halaman akhirat, di sana mereka akan mendapatkan balsan sesuai dengan perbuatannya di dunia. Kelak manusia juga akan dikumpulkan di Padang Mahsyar. Dan seperti apakah Padang Mahsyar di kampung akhirat?

Dilansir dari laman Mawdoo3 pada Senin (18/1), di dalam Alquran, Allah SWT menjelaskan manusia akan berkumpul di padang Mahsyar untuk bertemu dengan Allah Yang Maha-Esa. Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

يَوۡمَ تُبَدَّلُ الۡاَرۡضُ غَيۡرَ الۡاَرۡضِ وَالسَّمٰوٰتُ‌ وَبَرَزُوۡا لِلّٰهِ الۡوَاحِدِ الۡقَهَّارِ‏ "(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka (manusia) berkumpul (di Padang Mahsyar) menghadap Allah Yang Maha Esa, Mahaperkasa." (QS Ibrahim: 48).

Selain itu, Nabi Muhammad ﷺ juga memberikan penjelasan seperti apa kondisi dari padang mahsyar kelak. Rasulullah ﷺ bersabda: 

 يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى أَرْضٍ بَيْضَاءَ عَفْرَاءَ كَقُرْصَةِ النَّقِيِّ لَيْسَ فِيهَا عَلَمٌ لِأَحَدٍ "Kelak pada hari kiamat manusia akan digiring ke tanah putih, bagaikan bulatan yang bersih, yang tak bertanda ada penghuni sebelumnya." (HR Bukhari).

Sumber: https://mawdoo3.com/%D8%A3%D9%8A%D9%86_%D8%AA%D9%83%D9%88%D9%86_%D8%A3%D8%B1%D8%B6_%D8%A7%D9%84%D9%85%D8%AD%D8%B4%D8%B1

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement