Ahad 10 Jan 2021 05:59 WIB

Nabi-Nabi yang Berasal dari Bangsa Arab Sebelum Muhammad SAW

Terdapat nabi sebelum Nabi Muhammad SAW berasal dari bangsa Arab

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat nabi sebelum Nabi Muhammad SAW berasal dari bangsa Arab Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Terdapat nabi sebelum Nabi Muhammad SAW berasal dari bangsa Arab Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang berasal dari Arab. Lalu apakah ada nabi sebelum Muhammad SAW yang juga berasal dari Arab? Jika ada, siapa mereka, di mana, dan kapan mereka diutus? Apakah ada Nabi yang diutus ke Afrika, Eropa atau Amerika? 

Mungkin pertanyaan tersebut sempat tebersit di pikiran kita. Memang, ada sejumlah Nabi yang berasal dari Arab, di antaranya adalah Nabi Hud, Saleh, Syuaib, Ismail, dan Muhammad. Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam Al-Badawy As-Syanqithi dalam kitab “Umud an-Nasab sebagai berikut: 

Baca Juga

Nabi Hud diutus kepada kaum 'Aad yang berasal dari kalangan orang Arab kuno yang tinggal di Al-Ahqaf di Yaman, yakni antara Oman dan Hadramaut. Adapun Nabi Saleh, diutus Allah SWT kepada kaum Tsamud yang tinggal di wilayah Al-Hijr, antara Hijaz dan Tabuk.

Sementara Nabi Syuaib, dikirim untuk kaum Madyan yang tinggal di Madyan, sebuah desa yang berada di wilayah Ma'an di pinggiran Syam di sisi Hijaz. Sedangkan Nabi Ismail, diutus untuk berdakwah kepada suku Amaliq, penduduk Yaman, dan beberapa kelompok lain di Arab.

Nabi Muhammad SAW sendiri dikirim kepada manusia dan jin. Soal apakah ada Nabi yang dikirim ke Afrika, Eropa, atau Amerika, tidak ada dasar yang menyebut demikian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement