Sabtu 09 Jan 2021 06:40 WIB

Tidur Cukup dan Berkualitas Bisa Bikin Kulit Sehat

Rahasia kulit glowing dan sehat tanpa melakukan banyak hal adalah tidur berkulitas.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ratna Puspita
Tidur cukup dan berkualitas bermanfaat bagi kulit.
Foto: www.freepik.com
Tidur cukup dan berkualitas bermanfaat bagi kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli selalu menekankan pentingnya tidur cukup dan berkualitas untuk membantu tubuh tetap sehat. Tak hanya itu, tidur cukup dan berkualitas juga bermanfaat bagi kulit.

Dokter spesialis kulit dari India Dr Geetika Mittal mengatakan, salah satu cara rahasia supaya kulit glowing dan sehat tanpa melakukan banyak hal adalah dengan tidur yang berkualitas. "Tidur bertanggung jawab atas kesehatan tubuh dan organ Anda secara keseluruhan, dan karena kulit adalah organ terbesar, tidur memiliki korelasi langsung dengan kesehatan kulit," kata Dr Mittal seperti dikutip dari Indian Express pada Sabtu (9/1).

Baca Juga

Agar bisa tidur cukup juga nyenyak, ia menyarankan selalu tidur selama 7 hingga 9 jam. Lalu, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, dan jangan makan selama 3 sampai 4 jam sebelum tidur. Pastikan juga suhu ruangan di kamar antara 18-20 derajat celcius.

Dia juga menjelaskan beberapa khasiat luar biasa dari tidur untuk kesehatan kulit. Berikut uraiannya:

1. Tidur bisa memperbarui sel

Tidur bertanggung jawab untuk memperbaiki dan memperbarui sel, yang membantu menetralkan radikal bebas yang menyebabkan jerawat, keriput, dan bintik hitam.

2. Tidur bantu atur keseimbangan air

Tidur membantu mengatur natrium ginjal dan keseimbangan air, yang membantu meminimalkan retensi air.

3. Tidur membantu meratakan warna kulit 

Aliran darah yang tepat bisa meratakan warna kulit Anda dan memastikan pengiriman dan penyerapan nutrisi yang tepat ke sel.

4. Tidur bantu kulit wajah lebih cerah

Tidur membantu sel memperbarui dirinya sendiri dan jika Anda tidak cukup tidur, lingkaran hitam dapat terbentuk dan pembuluh darah menjadi menyempit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement