Jumat 01 Jan 2021 14:41 WIB

Leeds Vs Tottenham Bukan Perkara Duel Taktik Bagi Bielsa

Leeds akan menghadapi Tottenham di London, Sabtu (2/1).

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih  Leeds United Marcelo Bielsa
Foto: AP/Nick Potts/POOL PA
Pelatih Leeds United Marcelo Bielsa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marcelo Bielsa mengecilkan pembicaraan soal pertempuran taktik yang akan dihadapi timnya ketika melawan Tottenham Hotspur dalam laga pekan ke-17 Liga Primer Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu (2/1).

Leeds yang menunjukkan tanda kebangkitan akan menghadapi Tottenham yang justru telah menjalani empat pertandingan di Liga Primer tanpa kemenangan.

Baca Juga

Leeds tiba di Ibu Kota setelah meraih kemenangan beruntun, mengalahkan Burnley dan West Bromwich Albion selama periode liburan Natal dan Tahun Baru. Kemenangan 5-0 di the Hawthorns yang menampilkan tim Bielsa dalam performa terbaik mereka.

Bielsa akan berhadapan langsung dengan rival beratnya Mourinho. Tetapi dia tidak mengharapkan banyak 'misteri taktik' dari bentrokan itu.

"Pertarungan selalu kurang taktis," kata Bielsa dalam konferensi pers sebelum pertandingan, dikutip dari Leeds Live, Jumat (1/1).

Menurut dia, permainan sepak bola memiliki dua jenis struktur dasar. Tim menunggu lawannya dengan berada di daerah pertahanan sendiri atau merekan sejak di daerah lawan. 

"Atau Anda pergi dari satu kotak ke kotak lainnya atau Anda pergi dengan umpan jauh dan itulah cara Anda menyerang. Akibatnya, ada misteri taktis yang kurang dari yang kita pikirkan," kata Bielsa. 

Ia menilai Tottenham dan cara bermain mereka di bawah pelatih Jose Mourinho adalah tim yang sangat sulit untuk dihadapi. Di setiap posisi, kata dia, Tottenham memiliki pemain yang solid dan bagus. 

"Mereka punya pilihan. Mereka punya striker yang bisa membuat ketidakseimbangan dan mereka sangat jelas dalam bagaimana mereka ingin bermain. Itu tim di mana Anda dapat dengan jelas melihat pengaruh pelatih dan mereka sangat kompetitif," kata Bielsa.

Tottenham ada di posisi tujuh dengan nilai 26, sementara Leeds berada di peringkat 13 klasemen sementara. Namun Leeds hanya terpaut tiga angka dari the Lilywhites.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement