Selasa 29 Dec 2020 08:16 WIB

Hukum Tajwid Ikhfa Haqiqi Beserta Contohnya

Ikhfa haqiqi secara bahasa adalah bacaan yang cara membacanya disamarkan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Hukum Tajwid Ikhfa Haqiqi Beserta Contohnya. Umat muslim membaca Alquran di Masjid Asy-Syuhada, Kenali Besar, Jambi.
Foto: Wahdi Septiawan/Antara
Hukum Tajwid Ikhfa Haqiqi Beserta Contohnya. Umat muslim membaca Alquran di Masjid Asy-Syuhada, Kenali Besar, Jambi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikhfa haqiqi biasanya merupakan pembahasan terakhir dalam pembelajaran Ilmu Tajwid dalam bab nun sukun dan tanwin. Hukum bacaan ini juga menjadi salah satu yang banyak contohnya dalam Alquran dan tidak sedikit pembaca Alquran yang kebingungan dengan cara membacanya.

Jadi sebenarnya apa itu Ikhfa haqiqi?

Baca Juga

Secara bahasa, Ikhfa’ berarti menyembunyikan atau bisa juga berarti menyamarkan. Sedangkan haqiqi artinya benar. Jadi Ikhfa haqiqi secara bahasa adalah bacaan yang cara membacanya adalah disamarkan atau disembunyikan.

Adapun secara istilah, ikhfa haqiqi adalah apabila ada nun mati ( نْ ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) yang bertemu dengan 15 huruf Ikhfa haqiqi, yakni kaf (  ك ), qaf ( ق  ), fa’ ( ف ), zha ( ظ ), tha ( ط  ), dhad ( ض ), shad ( ص ), syin ( ش ), sin ( س  ), za’ ( ز  ), dzal ( ذ  ), dal ( د  ), jim ( ج ), tsa’ ( ث ), dan ta’ ( ت ).

Cara membacanya adalah menyamarkan nun mati ( نْ ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) ke dalam huruf-huruf ikhfa yang ada didepannya.

Contoh Ikhfa Haqiqi:

مِنْ تَحْتِهَا 

Ada nun sukun bertemu dengan ta ( ت ) yang merupakan huruf Ikhfa haqiqi. Sehingga cara membacanya bukan "Min Tahtihaa," melainkan disamarkan menjadi "Ming Tahtihaa".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement