Selasa 29 Dec 2020 06:14 WIB

Suami Larang Istri Bekerja, Bagaimana Cara Meyakinkannya?

Saya juga minta izin buka warung, tetapi suami belum beri izin juga

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Dilarang Bekerja | Suara Muhammadiyah
Dilarang Bekerja | Suara Muhammadiyah

Assalamu’alaikum wr wb.

Bu Emmy yth., saya (28 tahun) ibu dari seorang balita. Sudah lima tahun ini kami menikah dan tinggal di PMI (Pondok Mertua Indah). Hidup kami pas-pasan, sedangkan suami adalah perokok berat, sehari bisa habis dua bungkus. Berkali-kali saya mengingatkan untuk mengurangi kebiasannya merokok, tapi tidak digubris. Padahal untuk bicara dengan suami saya mesti hati-hati dan cari waktu yang tepat karena ia mudah tersinggung dan berkecil hati.

Begitu pula ketika saya menyampaikan keinginan saya untuk bekerja. Ia tidak mengizinkan. Padahal si kecil lebih suka sama kakeknya.

Saya juga pernah minta izin untuk membuka warung kelontong kecil-kecilan di rumah, tapi belum juga mendapat izin. Bagaimana cara meyakinkan suami ya, Bu? Saya harap Bu Emmy bisa membantu saya memecahkan masalah ini. Jazakumullah atas bantuannya.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Rin, somewhere

Wa’alaikumsalam wr wb.

Rin yang baik, ada beberapa hal positif yang bisa diperoleh ketika pasangan muda seperti Anda tinggal bersama orang tua. Di antaranya: ada yang membantu mengasuh anak dan bisa lebih hemat karena tak perlu bayar kontrak rumah.

Tetapi, di sisi lain pasangan ini akan kehilangan banyak kesempatan untuk menguji sampai di mana tingkat kemandirian mereka.

Kalau tinggal bersama orang tua, bukankah bisa numpang makan? Artinya, tidak perlu mengeluarkan uang untuk belanja. Juga rekening listrik dan air tidak perlu dipikirkan.

Bila ada konflik, ada ayah dan ibu yang siap membantu menyelesaikan masalah. Akibatnya, motivasi memiliki hal-hal yang bisa mendukung otonomi dan kemandirian menjadi rendah.

Secara psikologis kematangan mental suami-istri kurang terasah dibandingkan dengan pasangan yang sejak menikah sudah ingin mandiri dan pisah dengan orang tuanya.

Kalau Anda katakan gaji suami sedikit sedangkan merokoknya kuat, ini merupakan pertanda ia mempunyai keleluasaan untuk memakai gaji tanpa perlu khawatir kebutuhan pokok anak dan istri tidak terpenuhi.

Saya menduga, ini salah satu alasan ia tidak mengizinkan Anda bekerja. Bukankah uang tidak kurang? Menurut saya, keresahan Anda lebih karena Anda tidak memegang uang yang Anda cari sendiri dan bisa dibelanjakan sesuai keinginan.

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement