Rabu 23 Dec 2020 05:20 WIB

Yang Dilakukan Nabi SAW dengan Malaikat Jibril Tiap Ramadhan

Nabi itu selalu bersama dengan Malaikat Jibril.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Yang Dilakukan Nabi SAW dengan Malaikat Jibril Tiap Ramadhan. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Foto: MGROL100
Yang Dilakukan Nabi SAW dengan Malaikat Jibril Tiap Ramadhan. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam berbagai riwayat kerap disebutkan Nabi Muhammad SAW hampir sering bersama-sama dengan Malaikat Jibril. Di waktu-waktu tertentu, Nabi melakukan aktivitas khusus bersama Malaikat Jibril, salah satunya adalah di waktu Ramadhan.

Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho, menjelaskan, Nabi selalu melakukan sema’an (membaca dan mendengarkan bacaan Alquran) bersama Malaikat Jibril di bulan Ramadhan. Kata sema’an lumrah dikenal di Indonesia yang intinya berasal dari kata dasar dalam bahasa Arab yaitu sami’a-yasma’u (mendengar).

Baca Juga

“Nabi itu selalu bersama dengan Malaikat Jibril, setiap Ramadhan itu istilahnya itu mu’aradhah (Nabi membacakan Alquran, malaikat Jibril mendengarkan. Setelah itu saling bergantian),” kata KH Ahsin dalam kajian live streaming, di Ahsin Sakho Center.

Beliau menjelaskan, tujuan sema’an yang dilakukan antara Nabi Muhammad SAW dengan Malaikat Jibril adalah untuk memeriksa kembali redaksi serta menampilkan ayat-ayat suci Alquran yang sampai kepada Nabi Muhammad SAW. Bagaimana redaksi, isi, serta penyampaiannya kepada Nabi selalu dikroscek oleh Malaikat Jibril.

 

Lebih lanjut beliau pun menerangkan setiap Ramadhan Malaikat Jibril dengan Nabi Muhammad melakukan sema’an sebanyak satu kali. Namun demikian, di tahun terakhir kehidupan Nabi di bumi, kata beliau, sema’an dilakukan sebanyak dua kali.

Dari situlah, beliau menjelaskan, Nabi Muhammad SAW mulai menduga-duga tugasnya di muka bumi hampir selesai. Yang mana artinya hal itu berarti akan berpulangnya beliau ke pangkuan Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement