Selasa 22 Dec 2020 12:01 WIB

Erick Datangi Jaksa Agung untuk Penuntasan Kasus ASABRI

Penghitungan kerugian negara dari BPKP menyebut kerugian negara sekitar Rp 17 triliun

Rep: Bambang Noroyono/Muhammad Nursyamsi   / Red: Agus Yulianto
Erick Tohir
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Erick Tohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejaksaan Agung (Kejakgung) membuka penyidikan baru penanganan kasus dugaan korupsi pengelolaan dana PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin memastikan itu setelah bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Kejakgung, Selasa (22/12).

“Beliau (Erick Thohir) datang, untuk mendiskusikan terkait penanganan kasus (dugaan korupsi) PT ASABRI. Dan ke depan, kami (Kejakgung) yang akan menangani perkaranya, untuk penyelesain hukumnya,” kata Burhanuddin, di Kejakgung, Jakarta, Selasa (22/12).

Burhanuddin mengungkapkan, terkait dugaan korupsi PT ASABRI, penghitungan kerugian negara dari BPKP, sudah ditemukan, sekitar Rp 17 triliun. “Lebih banyak sedikit dari kasus PT Asuransi Jiwasraya,” kata dia.

Terkait penyidikan baru ini, Burhanuddin juga mengungkapkan, timnya sudah mengantongi calon tersangka. Kata dia, calon tersangka dalam penyidikan ASABRI ini ada yang sama dari hasil pengungkapan korupsi Jiwasraya yang sudah divonis seumur hidup penjara di PN Tipikor, Jakarta. Terutama dua  terpidana dari kalangan swasta.

“Dugaan calon tersangka dalam penyidikan ini, antara Jiwasraya, dengan ASABRI, ada keterkaitan. Yang pasti, itu ada dua yang sama,” ujar Burhanuddin.

Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan, penyelesaian kasus dugaan korupsi di PT ASABRI, prioritas di kementeriannya. Setelah Kejakgung menuntaskan kasus Jiwasraya, kata Erick, penanganan kasus serupa di ASABRI, semestinya juga mendapatkan kepastian disorongkan ke pengadilan.

“Kasus Jiwasraya, alhamdulillah sudah putus (vonis). Dan karena kita melihat Jiwaraya ada keterkaitannya (dengan ASABRI), karena itu kita kordinasikan dengan Kejaksaan Agung,” kata Erick.

Erick mengatakan, penyelesaian hukum terkait dugaan korupsi di Jiwasraya, maupaun ASABRI, tak lain upaya kementeriannya untuk membuat BUMN asuransi menjadi lebih baik. “Ini bagian dari roadmap kami, untuk terus merapikan dana-dana pensiun yang banyak, dan banyak kasus-kasus yang terus terjadi,” kata Erick.

Erick percaya, pengalaman Kejakgung dalam pengungkapan hukum kasus Jiwasraya, dapat juga menuntaskan perkara yang dialami ASABRI.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement