Selasa 15 Dec 2020 06:37 WIB

Keistimewaan Makam Baqi di Madinah

Maqam baqi ada di Madinah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Suasana pemakaman para sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi, Madinah.
Foto: Ismar Patrizki/Antara
Suasana pemakaman para sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi, Madinah.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Makam Baqi salah satu destinasi di Madinah yang selalu dikunjungi jamaah umrah. Di tempat inilah makam tertua keluarga, sahabat Rasulullah dimakamkan.

Di antara keistimewaan Baqi adalah, penghuni makam Baqi termasuk yang pertama kali akan dibangkitkan dari dalam kubur. Yaitu, setelah Rasulullah, Abu Bakar dan Umar. Mereka dibangkitkan di tanah Rasulullah, dan akan ditemani oleh beliau. 

Baca Juga

Banyak dalil dari Rasulullah yang menjelaskan tentang keistimewaan Baqi ini. Adapun makam para ahlul haram di kota Mekah (al-Mala) ada sebuah riwayat dari Abdullah bin Abbas yang mengatakan, ketika Rasulullah hendak pergi ke makam beliau melewati jalan yang pertama beliau menunjuk dengan tangannya di belakang rambut. Atau dia mengatakan "Di belakang jalinan rambut." 

Abdurraazaq ragu akan hal ini. Dia mengatakan. "Ya makam ini."

 

Lalu, aku berkata kepada orang yang memberitahukan kepadaku, "Apakah beliau mengusulkan satu kelompok saja?"

Dia menjawab, "Seperti berikut ini dia berkata," beliau tidak memberitahukan bahwa beliau mengkhususkan suatu kelompok selain seperti itu beliau mengisyaratkan dengan tangannya di belakang rambut. Kami pernah mendengar Rasulullah mengkhususkan kelompok suku yang berada di hadapan Baitullah."

Itulah riwayat yang menjelaskan tentang keistimewaan makam di Mekkah. Rasulullah sendiri sering berziarah ke makam ahlul Baqi. Minimal sekali dalam satu pekan beliau tidak menziarahi makam tersebut.

Ketika berziarah, beliau mengucapkan salam kepada ahli kubur di Baqi dan mendoakan agar mereka diberikan ampunan oleh Allah. Hal ini adalah keistimewaan khusus yang tidak diberikan kepada makam-makam kaum muslimin lainnya, baik di belahan dunia barat ataupun timur.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement