Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

50 Persen Pemilih di TPS Wagub Jabar tak Hadir

Rabu 09 Dec 2020 15:16 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas KPPS TPS 02 Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, melakukan penghitungan suara pilkada Kabupaten Tasikalaya, Rabu (9/12).

Petugas KPPS TPS 02 Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, melakukan penghitungan suara pilkada Kabupaten Tasikalaya, Rabu (9/12).

Foto: Republika/Bayu Adji P
Lebih dari 50 persen pemilih tak datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Tasikmalaya di tempat pemungutan suara (TPS) 02 Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, relatif rendah. Sebab, lebih dari 50 persen pemilih tak datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. 

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 02 Desa Kalimanggis, Triana mengatakan, tak ada kendala signifikan dalam pelaksanaan pilkada di tempatnya. Namun, banyak pemilih yang tak datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. "Mungkin karena sekarang masih masa corona, (jadi pemilih) ketakutan. Sosialisasi kita sudah," kata dia, Rabu (9/12).

Baca Juga

Menurut dia, sekira setengah dari jumlah total 398 pemilih di TPS itu tak datang untuk mencoblos. Padahal, TPS itu merupakan tempat Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyalurkan hak suaranya. 

Berdasarkan data yang didapatkan Republika.co.id, dari total 398 pemilih yang tercatat, hanya 195 pemilih yang datang ke TPS. Sementara sisanya, sebanyak 203 pemilih tak datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. Artinya, lebih dari 50 persen pemilih di TPS itu tak menyalurkan hak suaranya.

Sebelumnya, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum ikut menyalurkan hak suaranya dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 di TPS 02 Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan pantauan Republika, Uu datang ke TPS bersama istrinya. Orang nomor dua di Jabar itu datang ke TPS dengan mengendarai vespa berwarna hijau tosca.

"Saya melaksanakan hak saya sebagai warga negara asal Kabupaten Tasikmalaya menggunakan hak pilih dengan mencoblos," kata dia, Rabu.

 

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler