Senin 07 Dec 2020 19:07 WIB

Bertahap, 1,4 Juta Warga Kepri akan Terima Vaksin Covid-19

Dinkes Kepri belum mengetahui kapan vaksin Covid-19 akan didistribusikan oleh pusat.

Vaksin Covid-19 (Ilustrasi). Dinkes Kepri telah siap dengan ruang dingin untuk menyimpan vaksin Covid-19 yang akan didistribusikan pemerintah pusat.
Foto: Umarul Faruq/ANTARA FOTO
Vaksin Covid-19 (Ilustrasi). Dinkes Kepri telah siap dengan ruang dingin untuk menyimpan vaksin Covid-19 yang akan didistribusikan pemerintah pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menyatakan, 1,4 juta warga di wilayah itu akan diberi vaksin Covid-19 secara bertahap. Kepala Dinkes Kepri Bisri mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan tempat penyimpanan vaksin Covid-19 yang akan dikirim ke wilayah itu.

"Nanti disimpan di coldroom (ruangan dingin) Dinkes Kepri. Kami sudah persiapkan ruangan ini," ujarnya di Tanjungpinang, Senin.

Baca Juga

Hanya saja, Bisri belum mengetahui merek dan jumlah vaksin Covid-19 yang didistribusikan pemerintah pusat untuk masyarakat Kepri. Dinkes Kepri juga belum mendapatkan aturan teknis dalam melaksanakan kebijakan nasional tersebut.

"Kami juga belum mengetahui kapan akan didistribusikan vaksin tersebut. Prinsipnya, kami sudah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin," katanya.

Bisri memastikan vaksin Covid-19 dengan merek apapun yang didistribusikan ke Kepri sudah melalui uji klinis dalam sejumlah tahapan. Vaksin tersebut, menurut dia, tentu berkhasiat dan aman sehingga layak dipergunakan masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari penularan Covid-19.

"Apapun mereknya yang akan dipergunakan, tentu khasiatnya sama, dan aman," katanya.

Terkait dengan siapa pihak yang bertugas menyuntik vaksin Covid-19 tersebut, Bisri mengemukakan, penyuntikan vaksin tersebut dilakukan oleh pihak rumah sakit dan puskesmas. Ia menyebut, petugas sudah dilatih untuk melaksanakan vaksinasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement