Senin 30 Nov 2020 11:20 WIB

Brasil Gelar Pilkada di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

Rakyat Brasil di 57 kota pada Ahad (29/11) memberikan suara untuk memilih wali kota

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Wali kota konservatif-moderat Sao Paulo, Bruno Covas, dan putranya usai memberikan hak pilih. Rakyat Brasil di 57 kota pada Ahad (29/11) memberikan suara untuk memilih wali kota.
Foto: EPA
Wali kota konservatif-moderat Sao Paulo, Bruno Covas, dan putranya usai memberikan hak pilih. Rakyat Brasil di 57 kota pada Ahad (29/11) memberikan suara untuk memilih wali kota.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO - Rakyat Brasil di 57 kota, termasuk 18 ibu kota negara bagian, pada Ahad (29/11) memberikan suara untuk memilih wali kota. Pemilihan kepala pemerintahan kota itu berlangsung di tengah lonjakan kasus Covid-19 serta kekerasan, termasuk pembunuhan dan serangan, yang dialami sejumlah kandidat.

Rakyat Brasil, yang diguncang wabah virus corona dan krisis ekonomi, sebagian besar memilih politisi-politisi berpengalaman dari partai-partai lama. Para pemilih di Sao Paulo memilih kembali wali kota konservatif-moderat Bruno Covas untuk memimpin selama masa jabatan empat tahun berikutnya di kota terbesar dan pusat keuangan Brasil itu.

Baca Juga

Dia mengalahkan lawannya yang beraliran liberal, Guilherme Boulos. Pada 48 jam sebelum pemungutan suara dibuka, Boulos menyatakan dirinya positif terkena Covid-19.

Di kota terbesar kedua Brasil, Rio de Janeiro, Eduardo Paes terpilih sebagai wali kota. Ia mengalahkan pejawat Marcello Crivella, uskup konservatif Evangelis yang didukung oleh Presiden Jair Bolsonaro. Paes sudah pernah menjabat sebagai wali kota Rio selama dua periode yaitu antara 2009 dan 2016. Crivella kalah di wilayah kekuatan Bolsonaro, yang pernah menjabat sebagai anggota kongres Rio selama 28 tahun.

Dalam dua bulan kampanye menjelang putaran pertama pemungutan suara pada 15 November, terjadi 200 pembunuhan, percobaan pembunuhan dan beberapa kandidat terluka. Demikian menurut lembaga pemilihan Brasil, TSE.

Pemungutan suara pada Ahad mengukuhkan kemajuan yang dibuat oleh partai-partai moderat serta konservatif-moderat. Pemilihan juga memperlihatkan kekalahan kandidat-kandidat yang didukung oleh Bolsonaro. Keadaan tersebut kemungkinan akan menyulitkan Bolsonaro untuk terpilih kembali sebagai presiden.

Brasil, negara yang secara sosial tidak setara dan terpecah secara politik, telah mencatat lebih dari 6,3 juta total kasus virus corona yang dikonfirmasi. Sementara hingga akhir pekan korban jiwa Covid-19 tercatat sudah lebih dari 172 ribu orang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement