Ahad 29 Nov 2020 20:35 WIB

Pertamina Tindak Tegas SPBU Nakal di Jambi

Sanksi dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap SPBU yang berbuat curang.

Pertamina
Foto: Prayogi/Republika
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan menindak tegas salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari, Jambi karena bertindak curang atau "nakal" dalam penjualan.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II Umar Ibnu Hasan di Palembang, Minggu, mengatakan sanksi itu diberikan kepada SPBU DODO 24.366.53 yang berlokasi di Jalan Jambi-Bungo Sungai Paur karena kedapatan menjual BBM jenis Solar JBT ke mobil dan truk dengan tankinya sudah dimodifikasi.

Baca Juga

Ia mengatakan sanksi ini dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap SPBU yang berbuat curang.

Hal ini sesuai dengan kontrak perjanjian kerja sama antara pihak SPBU dan PT Pertamina (Persero), tidak dibenarkan menjual BBM JBT Biosolar kepada kendaraan dengan tanki modifikasi.

 

Adapun sanksi yang diberikan antara lain berupa surat peringatan dan penghentian pasokan BBM Solar JBT terhitung mulai tanggal 13 November sampai dengan 10 Desember 2020, pemasangan spanduk SPBU dalam masa pembinaan, membayar selisih harga subsidi dengan non subsidi sebesar 200 liter. Selain itu, pengusaha SPBU diwajibkan merenovasi fisik SPBU untuk mencapai standar Pertamina.

"Pertamina akan memberikan sanksi yang lebih tegas lagi apabila selama masa pembinaan pihak SPBU melakukan pelanggaran ketentuan yang telah ditetapkan,” kata dia.

Ia menambahkan tindakan ini merujuk juga ketentuan yang dikeluarkan Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas yang memberlakukan pembatasan pembelian BBM Subsidi jenis solar. Sejumlah kendaraan dibatasi bahkan ada yang dilarang menggunakan Jenis BBM Tertentu (JBT) minyak solar.

"Untuk angkutan barang roda empat, pembatasan pembelian BBM solar 30 liter per kendaraan per hari. Roda enam atau lebih sebanyak 60 liter per kendaraan per hari, dan untuk kendaraan pribadi sebanyak 20 liter per kendaraan per hari,” kata Umar.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement