Jumat 20 Nov 2020 17:32 WIB

Xavi Minta Setop Bandingkan De Jong dengan Dirinya

Banyak suara mulai membandingkan De Jong dengan Xavi dan Iniesta.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Xavi Hernandez
Foto: EPA/Andreu Dalmau
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Sederet gelandang Barcelona, saat ini, kerap dibandingkan dengan para pendahulu. Maklum, beberapa tahun sebelumnya, lini tengah Barcelona diisi sosok fenomenal macam Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Sebelumnya, Arthur Melo kerap disamakan dengan dua nama di atas. Pada akhirnya, Arthur sudah pindah ke Juventus.

Belakangan, Frenkie de Jong mengalami situasi serupa. Banyak suara mulai membandingkan dirinya dengan Xavi dan Iniesta.

"De Jong adalah De Jong. Dia tidak ada hubungannya dengan Iniesta, Busquets, atau saya. Sama sekali berbeda," kata Xavi, dikutip dari Marca, Jumat (20/11).

Ia merasa lumrah, jika De Jong dinilai belum menemukan sentuhan terbaik di Barca. Sosok yang kini melatih klub Qatar itu mengaku mengalami fase tersebut.

Saat saat masih berstatus pemain muda, Xavi tidak langsung membuat perbedaan di Barca. "Anda perlu waktu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan budaya baru," ujar entrenador berusia 40 tahun ini.

Secara natural, ia tak meragukan kualitas teknis De Jong. Ia sudah melihat aksi yuniornya, ketika masih berkostum Ajax Amsterdam.

Menurut Xavi, De Jong pesepakbola luar biasa. Jebolan akademi Ajax itu nampak tenang menguasai bola saat mendapat tekanan lawan. Itu salah satu keahlian sang meneer yang diapresiasi legenda Blaugrana tersebut.

De Jong juga menjadi andalan tim nasional  Belanda. Xavi memprediksi gelandang 23 tahun itu bakal bersinar pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ini musim kedua jagoan De Orange bermarkas di Camp Nou. Sejauh itu, ia tampil dalam 52 laga di berbagai ajang, dan mencetak dua gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement