Selasa 17 Nov 2020 12:06 WIB

Ridwan Kamil Tanggapi Pencopotan Kapolda Jabar Rudy

Ridwan Kamil menyebut, dinamika selama pandemi Covid-19 sudah pasti ada.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indira Rezkisari
Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut angkat bicara terkait pencopotan Kapolda Jawa Barat (Jabar) Rudy Sufahriadi dari jabatannya. Ridwan Kamil menilai, Rudy selama ini sudah bekerja baik selama pandemi Covid-19.

"Saya mengucapkan terima kasih ya karena selama proses mengendalikan Covid-19 dari Maret sampai hari ini. Bagi saya pribadi, kerjanya (Rudy) sudah luar biasa lah," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Selasa (17/11).

Baca Juga

Emil mengatakan, Rudy berani dalam menegakkan protokol kesehatan Covid-19 selama ini. Karena kerap berkomunikasi, Rudy dianggap menjadi sosok yang mendedikasikan waktunya untuk berbagai kegiatan di tengah pandemi yang sulit ini.

"Jadi, saya kira, orang dengan sosok Pak Rudi saya apresiasi luar biasa," katanya.

Menurut Emil, pergeseran jabatan di Polri merupakan hal lumrah dalam sebuah institusi. Maka, bukan domain kepala daerah untuk memastikan seorang kapolda atau pejabat lainnya tetap berada di posisinya sekarang.

"Saya kira itu diperlukan ya, karena dinamika-dinamika tidak bisa dihindari," kata Emil.

Terkait kemungkinan alasan pencopotan karena adanya pelanggaran protokol kesehatan, Emil enggan berkomentar lebih panjang. Namun, Emil menegaskan bahwa dinamika selama pandemi Covid-19 ini sudah pasti ada.

Kemarin, Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Irjen Rudy Sufahriadi dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana. Pencopotan dua pejabat kepolisian daerah ini karena dianggap tidak melaksanakan perintah dalam menengakkan protokol kesehatan Covid-19.

Sebagai penggantinya, Kapolda Jabar digantikan oleh Irjen Ahmad dofiri dan Irjen Rudy Sufahriadi diangkat dalam jabatan baru sebagai widekswara tingkat 1 Lemdiklat Polri. Sementara, Kapolda Jawa Timur Irjen Muhammad Fadil diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya. Pencopotan ini berdasarkan surat telegram yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis dengan nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement