Kamis 12 Nov 2020 17:58 WIB

Peringati HKN, Pemkab Cirebon Gelar Swab Massal 5.600 Warga

Selain itu ada juga pengobatan gratis untuk 5.600 pasien dan pembagian 5.600 masker.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Warga mengikuti tes swab massal (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Warga mengikuti tes swab massal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Tahun 2020 di Kabupaten Cirebon, diperingati dengan sejumlah kegiatan serba angka 56, Kamis (12/11). Selain swab massal kepada 5.600 warga, kegiatan lainnya yaitu pengobatan gratis untuk 5.600 pasien dan pembagian 5.600 masker.

Bupati Cirebon, Imron, meminta kepada seluruh warganya untuk bisa menjaga kesehatan dengan baik. Terutama, tenaga medis yang langsung menangani kasus Covid-19.

Baca Juga

Imron mengungkapkan, kondisi kesehatan para tenaga medis sangatlah penting di tengah pandemi Covid-19. Dia mengatakan, beberapa puskesmas dan pelayanan rumah sakit di Kabupaten Cirebon sempat terhenti akibat adanya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. "Hal tersebut membuat pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu. Jadi, tenaga medis harus selalu menjaga kesehatannya," tegas Imron.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menuturkan, sengaja melaksanakan sejumlah kegiatan serba angka 56 dalam peringatan HKN ke-56 tahun ini. Kegiatan yang dilaksanakan pun menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. "Karena itu, kami mengadakan swab massal untuk 5.600 orang dan pembagian 5.600 masker," kata Enny.

Dinas Kesehatan pun sudah menyiapkan 150 Viral Transport Medium (VTM) kepada 60 Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon.

Selain itu, untuk memberikan semangat dan dukungan kepada tenaga kesehatan yang sedang menangani Covid-19, dilakukan pula kegiatan tepuk tangan massal selama 56 detik secara bersamaan.

"Ini merupakan bentuk dukungan kepada tenaga kesehatan yang tanpa lelah menangani Covid-19," kata Enny. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement