Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Cabup Indramayu Janjikan Satu Ekskavator Tiap Kecamatan

Senin 09 Nov 2020 15:39 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan

Pasangan Daniel Taufik Daftar Pilkada Indramayu

Pasangan Daniel Taufik Daftar Pilkada Indramayu

Foto: pilkada
Daniel yakin pengadaan ekskavator di 31 kecamatan secara bertahap bisa terealisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Calon bupati Indramayu nomor urut 3, Daniel Mutaqien Syafiuddin, menjawab keluhan para petani soal perbaikan dan pemeliharaan jaringan irigasi yang masih belum optimal. Yakni melalui program satu kecamatan, satu ekskavator.

Pengadaan alat berat itu menjadi upaya serius untuk mengatasi masalah utama irigasi. Baik berupa  pendangkalan, penyempitan serta kerusakan tanggul yang bisa menurunkan debit dan menghambat aliran air ke areal persawahan.

"Saya sudah mengetahui permasalahannya. Dan kami juga telah menyiapkan program pengadaan ekskavator untuk setiap kecamatan. Ini supaya petani dan pemerintah desa tidak lagi rebutan atau antri terlalu lama,’’ ujar Daniel.

Hal itu disampaikan cabup yang diusung Partai Golkar tersebut saat silaturahmi bersama elemen petani di wilayah Kecamatan Kandanghaur dan Bongas, pada akhir pekan lalu. Daniel optimistis, pengadaan ekskavator untuk 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu secara bertahap bisa terealisasi.

Selain lewat APBD kabupaten, mantan anggota DPR RI itu juga akan memperjuangkan pengadaannya lewat bantuan dari Pemprov Jawa Barat serta Kementerian Pertanian (Kementan). Daniel mengaku memahami kondisi sebagian besar irigasi yang terus menurun akibat minimnya perawatan.

Dia menyatakan, persoalan itu harus segera diatasi karena bisa mengancam kelangsungan produksi pertanian di Kabupaten Indramayu. Pria kelahiran Indramayu 30 September 1981 itu berkomitmen untuk menjamin peningkatan produktifitas hasil pertanian. Dengan memprioritaskan program pembangunan infrastruktur di sektor pertanian.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 dan ancaman resesi, sektor pertanian di Kabupaten Indramayu tetap tumbuh. Bahkan masih menjadi daerah penghasil padi tertinggi di Indonesia. Pada 2019, produksi beras Indramayu mencapai 785,657,71 ton dari luas panen padi 215,731 hektare.

"Pencapaian tersebut harus terus dijaga dan dijadikan sebagai sebuah momentum untuk meningkatkan kesejahteraan petani kita. Sebab, pembangunan sektor ini juga merupakan pintu masuk untuk mengatasi kemiskinan,’’ kata putra dari mantan bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin (Yance) dan Anna Sophanah tersebut.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler