Kamis 05 Nov 2020 18:29 WIB

Pemerintah Fokus Selesaikan Roadmap Vaksinasi

Distribusi vaksin dilakukan menyesuaikan urutan prioritas seperti kelompok berisiko.

Rep: Dessy Suciati Saputri  / Red: Ratna Puspita
 Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: BPIP
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan pemerintah saat ini tengah fokus menyelesaikan peta jalan atau roadmap vaksinasi Covid-19. Roadmap ini akan menjadi panduan dalam pelaksanaan vaksinasi termasuk panduan mengenai penerima vaksin, jadwal vaksin, serta alur distribusinya.

“Untuk saat ini fokus dari pemerintah dalam hal Kemenkes adalah penyelesaian peta jalan atau roadmap vaksinasi Covid-19,” ujar Wiku saat konferensi pers, Kamis (5/11).

Baca Juga

Wiku mengatakan, pendistribusian vaksin nantinya dilakukan menyesuaikan urutan prioritas seperti kelompok berisiko serta penduduk dengan risiko wilayahnya. Pemerintah, kata dia, juga telah mengakselerasi persiapan logistik dan SDM untuk pelaksanaan vaksinasi Covid.

Menurut Wiku, WHO optimistis vaksin Covid-19 dapat dikembangkan dengan aman dan efektif. Saat ini, terdapat berbagai jenis vaksin potensial yang tengah dikembangkan di berbagai belahan dunia. 

Sejumlah vaksin pun telah masuk dalam tahapan uji klinis 3. Kendati demikian, sambil menunggu ketersediaan pasokan vaksin, Wiku meminta masyarakat agar tak mengabaikan pelaksanaan protokol kesehatan. 

Saat ini, disiplin protokol kesehatan merupakan satu-satunya jalan untuk terhindar dari penularan Covid-19. “Saya ingin mengimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis efektif sesuai dengan rekomendasi dari WHO,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement