Kamis 29 Oct 2020 12:38 WIB

Hina Nabi Muhammad, Ikadi Minta Presiden Prancis Minta Maaf

Ikadi menyeru umat Islam memboikot produk negara Perancis yang menghina Nabi SAW.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agus Yulianto
Ahmad Satori Ismail, Ketua Ikatan dai Indonesia
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ahmad Satori Ismail, Ketua Ikatan dai Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Prancis, Emmanuel Macron, beberapa hari terakhir menerima banyak protes dan kecaman. Hal ini sebagai akibat dari pernyataannya yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW. 

Menyoroti hal ini, Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (PP Ikadi) pun mengeluarkan pernyataan.   "Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (PP Ikadi) mengecam keras segala bentuk penghinaan kepada Nabi Muhammad SAW dan agama Islam, seperti yang dilakukan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Kami menuntutnya untuk meminta maaf kepada kaum Muslim di seluruh dunia," kata IKADI dalam pernyataan yang didapat Republika, Kamis (29/10).

Pernyataan yang diketahui Ketua Umum PP Ikadi, Prof. KH. Ahmad Satori Ismail, serta Sekretaris Jenderal Dr. H. Ahmad Kusyairi Suhail, ini juga mengutuk legalisasi penistaan terhadap Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan tameng kebebasan berekspresi maupun dalih toleransi.

Ikadi menyebut hakikatnya alasan di atas hanya akan menimbulkan gelombang intoleransi, kegaduhan antar ummat beragama dan Islamphobia.

Selanjutnya, Ikadi mengimbau semua pengurus, anggota dan simpatisan Ikadi, maupun seluruh umat Islam untuk memboikot produk negara Perancis yang menghina Nabi Muhammad SAW. Hal ini dilakukan ssbagai ekspresi cinta umat Muslim kepada Beliau.

Kepada Pemerintah Indonesia, selaku negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Ikadi meminta agar mengambil sikap tegas dan langkah diplomatik konkrit. "Kalau perlu Duta Besar Prancis dipulangkan ke negerinya," lanjut keterangan tersebut.

Kepada seluruh umat Muslim, diminta semakin memperkuat //Ukhuwwah Islamiyah// atau persatuan dan persaudaraan sesama muslim. Penguatan ini berguna dalam menghadapi berbagai macam rongrongan dan tantangan yang semakin kompleks.

"Jadikan peristiwa ini sebagai momentum untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dengan lebih mengenal keagungan pribadi dan mengamalkan ajaran-Nya," tulis Ikadi.

Terakhir, Ikadi mengajak seluruh umat Islam untuk memanjatkan do'a dan melaksanakan Qunut Nazilah. Semoga Allah ta'ala mengangkat beragam bencana, musibah dan wabah pandemi Covid-19 yang menimpa dunia, serta mengembalikan //'Izzatul Islam wal Muslimin//.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement