Selasa 27 Oct 2020 15:24 WIB

Aksi Boikot Akibat Sinisme Macron Menggema di Media Prancis

Produk Prancis menghadapi seruan boikot di beberapa negara Timur Tengah

 Seorang pemuda memegang foto Presiden Prancis Emmanuel Macron, dicap dengan tanda sepatu, selama protes terhadap Prancis di Istanbul, Minggu, 25 Oktober 2020.
Foto: AP/Emrah Gurel
Seorang pemuda memegang foto Presiden Prancis Emmanuel Macron, dicap dengan tanda sepatu, selama protes terhadap Prancis di Istanbul, Minggu, 25 Oktober 2020.

IHRAM.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Aksi boikot produk Prancis di Timur Tengah akibat omongan sinis Emmanuel Macron kepada Islam dimuat di media Prancis. Media berbahasa Inggris yang terbit di Prancvis The Connexion melalui laman connexionfrance.com menulis seperti ini pada Senin (26/10) kemarin:

Produk Prancis menghadapi seruan boikot di beberapa negara Timur Tengah setelah deklarasi Presiden Macron bahwa Prancis "tidak akan menghilangkan karikatur" Nabi Muhammad setelah pembunuhan guru Samuel Paty.

Seruan untuk memboikot produk dari Prancis telah menyebar ke media sosial dan sekitarnya di negara-negara termasuk Turki, Iran, Yordania, Qatar dan Kuwait. Foto-foto rak supermarket kosong telah menyebar, dimaksudkan untuk menunjukkan produk Prancis dilucuti dari penjualan sebagai protes atas kata-kata Macron.

Macron berpidato dalam upacara peringatan untuk menghormati Paty, yang dibunuh di jalan oleh 'ekstremis' Islam minggu lalu, setelah dia menunjukkan kartun Nabi Muhammad sebagai bagian dari kelas tentang kebebasan berbicara.

Sebagai bagian dari pidato yang lebih panjang, Macron berkata: “Samuel Paty dibunuh karena 'Islamis' menginginkan masa depan kita, dan mereka tahu bahwa dengan pahlawan yang pendiam seperti dia mereka tidak akan pernah bisa memilikinya."

"Mereka memisahkan yang 'setia' dari 'kafir'. Samuel Paty hanya tahu warga negara."

"Mereka makan dari ketidaktahuan. Mereka menumbuhkan kebencian terhadap orang lain. Dia ingin, selalu, melihat wajah dan menemukan kekayaan perbedaan. Samuel Paty adalah korban konspirasi mengerikan dari kebodohan, kebohongan, gagasan campur aduk, kebencian orang lain, benci siapa kita, secara mendalam dan eksistensial.

Macron juga berkata dalam pidato itu,“Pada hari Jumat, Samuel Paty menjadi wajah Republik, keinginan kami untuk menghancurkan teroris, mengurangi Islamis, dan hidup sebagai warga negara merdeka di negara kami. Wajah tekad kami untuk memahami, belajar, terus mengajar, bebas - karena kami akan melanjutkan, guru."

"Kami akan membela kebebasan yang Anda ajarkan dengan sangat baik, dan kami akan menjunjung sekularisme. Kami tidak akan meninggalkan karikatur, gambar, bahkan jika orang lain mundur. Kami akan menawarkan semua kesempatan yang harus dimiliki Republik kepada anak-anak muda kami, tanpa mendiskriminasi. siapa saja."

Di minggu yang sama, Renaud Muselier, presiden grup administratif Régions de France, yang menyatukan presiden dari wilayah di seluruh negeri, berkata: “Kami, presiden dari wilayah Prancis, mengambil inisiatif untuk mempersiapkan publikasi sebuah karya yang menyatukan karikatur agama dan politik paling terkenal yang telah muncul di pers regional, serta di pers nasional.

"Kami akan meminta sekelompok sejarawan untuk menjelaskan konteks hak [untuk membuat] karikatur sebagai bagian dari sejarah politik negara kami."

Tapi sekarang, Organisasi Kerjasama Islam, yang menyatukan banyak negara Islam, mengecam "perkataan pemimpin Prancis yang kemungkinan besar merusak hubungan Prancis-Islam."

Menampilkan gambar Nabi Muhammad - apalagi yang menyindir - dilarang dalam Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement