Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Pengamat Apresiasi Kampanye yang Terapkan Protokol Kesehatan

Jumat 23 Oct 2020 04:55 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Ilustrasi Pilkada Damai, Pilkada Serentak

Ilustrasi Pilkada Damai, Pilkada Serentak

Foto: Republika/Prayogi
Ia mengatakan, para paslon tersebut telah berada di jalur yang benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -  Pasangan calon (paslon) di Pilkada 2020 di sejumlah daerah semakin gencar memanfaatkan kampanye dengan membagikan masker dan hand sanitizer sebagai Alat Peraga Kampanye (APK). Beberapa bahlan mengadakan tes swab gratis demi mendukung pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) August Mellaz ini merupakan tren yang sangat positif. Ia mengatakan, para paslon tersebut telah berada pada jalur yang benar yaitu menjadikan Pilkada sebagai momentum melawan Covid-19.

"Apa yang dilakukan para calon selama kampanye dengan menerapkan sekaligus menyosialisasikan protokol kesehatan merupakan suatu yang kita harapkan pada Pilkada 2020 karena dilaksanakan di tengah Pandemi," ujarnya, Kamis (22/10).

Selain itu, August mengimbau agar paslon tidak cukup hanya melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Ia menyebut mereka harus membantu masyarakat agar bisa keluar dari krisis yang diakibatkan oleh pandemi.

"Para calon juga ditantang untuk melakukan advokasi kepentingan dan hak-hak konstituen terkait dengan akses program pemerintah soal penanggulangan ekonomi yang disebabkan pandemi," kata dia.

Dia pun menyarankan, bila perlu para calon melakukan simulasi program-program kerja penanggulangan dampak ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19.

"Kalau simulasinya berhasil, kan bisa diambil sebagai kebijakan seandainya terpilih menjadi kepala daerah," kata August.

Data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat sejumlah paslon yang sudah menggunakan alat peraga penanganan Covid-19 sebagai bahan kampanya. Mereka adalah Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw dan Christiany E. Paruntu-Sehan Salim Landjar.

Cagub dan Cawagub Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu Rusdy Mastura-Ma’mun Amir; Cagub dan Cawagub Provinsi Kalimantan Tengah Sugianto Sabran–Edy Pratowo; Cagub dan Cawagub Provinsi Kepulauan Riau Soerya Respationon-Imam Sutiawan.

Paslon Wali Kota dan Wakil Wali kota Depok Afifah Alia-Pradi Supriatna; paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa; paslon Bupati dan Wakil Bupati Bangli Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar; paslon Bupati dan Wakil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio.  

Selanjutnya paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryati Rahayu,  paslon Bupati dan Wakil Bupati Sragen Yuni–Suroto N; paslon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Chamdi Mayang-Tomy Ishak; paslon  Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw-Richard Sualang.

Kemudian, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune Ganda-Kevin William Lotulong; dan paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Sompie Singal-Joppi Lengkong juga sudah menggunakan alat peraga penanganan Covid-19.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler