Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Survei Tangkap Penilaian Warga Terhadap Calon Bupati Minut

Kamis 22 Oct 2020 23:57 WIB

Red: Bayu Hermawan

Yunarto Wijaya

Yunarto Wijaya

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Charta Politika merilis survei penilaian warga terhadap cagub-cawagub Minut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei penilaian publik terhadap calon bupati dan wakil bupati Minahasa Utara. Hasil survei tersebut mendapati bahwa pasangan calon Joune Ganda-Kevin Lotulung menjadi kandidat yang paling memiliki perhatian kepada rakyat.

"Joune Ganda dinilai sebagai calon Bupati paling mapan secara ekonomi, paling perhatian pada rakyat dan paling pintar," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, dalam keterangan, Rabu (21/10).

Baca Juga

Namun, dia melanjutkan, calon PDIP itu berada dibelakang lawan politiknya Sompie Singal dalam hal keagamaan. Dia mengatakan, publik menilai Sompie Singal sedikit berada di atas Joune Ganda sebagai calon Bupati paling religius.

Survei dilakukan pada 9 hingga 14 Oktober lalu dengan melibatkan 600 responden yang diwawancarai secara tatap muka melalui metode acak bertingkat. Margin of error diperkirakan sekitar 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Mengacu pada hasil survei, pasangan Joune Ganda-Kevin Lotulung berada pada pilihan tertinggi saat ini dengan elektabilitas 46 persen. Diikuti berikutnya oleh pasangan Sompie Singal-Joppi Lengkong (24,2 persen) dan Shintia Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantow (18,2 persen).

Yunarto mengatakan, survei juga menangkap bahwa tingkat kemantapan pilihan masyarakat yang cukup tinggi. Dia mengatakan, temuan survei ini memperlihatkan bahwa tingkat kemantapan pilihan warga berada di tingkat yang menyatakan pilihannya sudah mantap sebesar 68,7 persen.

Sumber : Antara
 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler