Jumat 16 Oct 2020 21:00 WIB

KPU Dharmasraya Umumkan Jumlah DPT, Suku Anak Dalam Masuk

DPT yang tercatat di Dharmasraya ini akan ikut mencoblos untuk pilbup dan pilgub.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Warga Suku Anak Dalam (SAD) (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Warga Suku Anak Dalam (SAD) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PULAU PUNJUNG -- Ketua KPU Dharmasraya Maradis mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada serentak 2020 ini sebanyak 145.383 orang pemilih. DPT yang tercatat di Dharmasraya ini akan ikut mencoblos untuk pemilihan bupati dan wakil bupati dan juga pemiihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat.

"KPU Kabupaten Dharmasraya Sumbar telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap untuk Pilkada serentak 2020 di Dharmasraya. DPT ditetapkan sebanyak 145.383 pemilih," kata Maradis, Jumat (16/10).

Maradis merinci 72.743 pemilih laki-laki dan 72.640 pemilih perempuan. Total dari jumlah tersebut, daerah dengan DPT terbanyak terdapat di Kecamatan Pulau Punjung yakni 27.241 pemilih. Sementara daerah yang paling sedikit pemilihnya ada di Kecamatan Padang Laweh sebanyak 3.940 orang.  KPU Dharmasraya juga telah menetapkan sebanyak 530 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 11 Kecamatan dan 52 Desa/Kelurahan.

Maradis menjelaskan, Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan sebelumnya di Kabupaten Dharmasraya adalah 144.729. Hasilnya terjadi penambahan pemilih sebanyak 654 pemilih pada DPT. "Jumlah DPS itu ada penambahan karena adanya tanggapan dan masukan dari masyarakat, misalnya ada di Lapas," ujar Maradis.

KPU Dharmasraya juga menjadikan 75 orang pemilih yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Menurut Maradis, DPT tidak akan mengalami penambahan. Kalau ada tambahan akan masuk kategori pindah memilih.

Kemudian di Dharmasraya juga ada pemilih dari Suku Anak Dalam (SAD). SAD ini merupakan yang berdomisili di Nagari Banai, Kecamatan Sembilan Koto. Jumlah SAD yang masuk DPT sebanyak 18 orang. 

DPT suku anak dalam ini akan mendapat perlakuan seperti DPT lainnya. Karena mereka telah memiliki KTP elektronik. Dan nanti mereka akan tergabung satu TPS dengan DPT lainnya di Nagari Banai.

"Mereka telah memiliki KTP elektronik. Jadi mereka tergabung dalam satu TPS yang disitu juga ada masyarakat biasa. Cuma nanti ritme pemilihan saja yang disesuaikan,"katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement