Rabu 14 Oct 2020 21:54 WIB

Tujuh Posisi Tidur Terbaik Agar Lebih Nyenyak

Memperbaiki postur tidur penting dilakukan untuk meredakan rasa sakit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Memperbaiki postur tidur penting dilakukan untuk meredakan rasa sakit (Foto: ilustrasi tidur)
Foto: Piqsels
Memperbaiki postur tidur penting dilakukan untuk meredakan rasa sakit (Foto: ilustrasi tidur)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunci hidup sehat bisa dimulai dengan tidur malam yang nyenyak. Itu sebabnya, posisi tidur memainkan peran penting.

Pakar tidur dan pendiri produk postur tidur Levitex, James Leinhardt, mengatakan, memperbaiki postur tidur penting dilakukan untuk meredakan rasa sakit. Dia percaya bahwa menemukan posisi tidur terbaik juga membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri badan.

Baca Juga

“Kita biasanya menghabiskan waktu di tempat tidur sebanyak yang kita lakukan di tempat kerja. Jadi, itu adalah waktu yang ideal memperbaiki masalah postur tubuh karena fokus pada kesehatan tulang belakang,” kata Leinhardt seperti dilansir melalui FitandWell, Rabu (14/10).

Leinhardt menyebutkan, posisi tidur juga bisa membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Pada dasarnya, posisi tidur bisa ditemukan dengan mudah, serta disesuaikan dengan berbagai kondisi tubuh.

Misalnya, bagi yang memiliki sakit leher setelah bangun tidur tentu memiliki masalah dari posisi tidur. Namun, posisi tidur bagi mereka yang sakit leher berbeda dengan penderita sakit punggung.

Berikut lima posisi tidur terbaik yang disarankan Leinhardt.

Posisi tidur terbaik untuk nyeri leher

Ketika sakit leher menjadi masalah, tampaknya mustahil menemukan posisi nyaman untuk tidur. Dalam situasi seperti ini, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah bantal yang menopang leher. Leinhardt mengatakan penderita bisa menggunakan bantal busa yang ditargetkan untuk mengurangi sakit leher dan punggung saat tidur.

photo
Tidur (ilustrasi). - (www.freepik.com)

Posisi tidur terbaik untuk nyeri bahu

Kebanyakan orang mengalami nyeri bahu paling sedikit saat tidur telentang. Namun, jika tidur telentang dalam waktu lama tidak akan nyaman.

Untuk menghindari nyeri bahu semakin parah bisa juga dilakukan dengan membeli bantal tubuh berkualitas sebagai penyangga tambahan. Bantal ini biasanya dipakai ibu hamil untuk membuat tidurnya lebih nyaman.

Posisi tidur terbaik untuk nyeri punggung atas

Leinhardt mengatakan, fisioterapis menyarankan bahwa siapa pun yang menderita sakit punggung atas harus tidur menyamping. Namun, keuntungan dari posisi itu sangat bergantung pada permukaan berbaring yang sesuai.

Jika terlalu empuk, maka bentuknya akan seperti pisang. Jika terlalu keras, maka tempat tidur tidak akan mengakomodasi keunikan bentuk tubuhnya.

“Jika kasur memberikan tingkat keempukan yang benar dan dilengkapi bantal yang membuat kepala orang tersebut tetap ditopang sepenuhnya, dengan tekanan yang berkurang didorong melalui bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki, maka saya akan menganjurkan tidur miring,” ujar Leinhardt.

Secara umum, berbaring telentang memberikan distribusi berat badan yang paling merata. Namun, juga membutuhkan stabilitas lebih untuk mempertahankan tulang belakang yang netral.

Posisi tidur terbaik untuk nyeri punggung bawah

Tambahkan bantal atau letakkan selimut di antara lutut dan pergelangan kaki agar pinggul atas sejajar dengan pinggul bagian bawah. Kondisi itu menghilangkan tekanan yang tidak perlu dari lutut dan pergelangan kaki, serta menjaga pinggul tetap netral, sehingga mengurangi tekanan pada punggung di malam hari.

Posisi tidur terbaik untuk nyeri pinggul

Dulu, ahli bedah pinggul akan meminta seseorang tetap telentang selama enam pekan setelah penggantian pinggul. Namun, saran itu telah berubah belum lama ini.

Dari pengalaman Leinhardt, jika pinggul ditopang dengan bantal agar tetap netral, berbaring miring bisa bermanfaat. Ia menganjurkan sebagian besar orang tidur miring untuk mengurangi rasa sakit atau mencegahnya.

Posisi tidur terbaik untuk arthritis

Penderita arthritis dianjurkan untuk tidur telentang atau menyamping agar tulang belakang tetap lurus. Selain itu, tidurlah di atas bantal penyangga yang mengelilingi leher dan kepala, dikombinasikan dengan kasur kokoh untuk menopang dan meredakan rasa sakit.

Posisi tidur terbaik saat hamil

Kondisi hamil besar dan nyeri dapat membuat tidur nyenyak. Posisi tidur yang disarankan untuk kehamilan adalah tidur miring ke kiri dengan kaki ditekuk dan bantal tubuh disisipkan di antara kedua kaki. Posisi itu dikatakan paling nyaman sekaligus menawarkan dukungan terbesar untuk bayi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement