Senin 12 Oct 2020 11:12 WIB

Pelindo I Tengah Kembangkan Layanan Digital

Pelindo I miliki tiga pengembangan layanan digital termasuk POCC.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1, Prasetyo menyebut pengembangan layanan digital berupa i-Marine, Shore Connection, dan Port Operation Command Center (POCC)
Foto: istimewa
Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1, Prasetyo menyebut pengembangan layanan digital berupa i-Marine, Shore Connection, dan Port Operation Command Center (POCC)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I memastikan layanan kepelabuhanan selama masa pandemi Covid-19 tetap maksimal. Direktur Transformasi dan Bisnis Pelindo I Prasetyo menyatakan, saat ini pihaknya sedang mengembangkan layanan digital.

“Pengembangan layanan digital berupa i-Marine, Shore Connection, dan Port Operation Command Center (POCC),” kata Prasetyo dalam pernyataan tertulisnya, Senin (12/10).

Prasetyo memastikan, nantinya layanan operasi Pelindo I dikendalikan dalam satu sistem secara real time. Terlebih, dia menegaskan, Pelindo I pada masa pandemi terus melakukan layanan operasional logistik selama 24 jam setiap pekannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dia menambahkan, Pelindo I juga telah menerapkan digitalisasi sistem pelayanan jasa kepelabuhanan. “Layanan digital ini yang memberi kemudahan bagi para pengguna jasa,” tutur Prasetyo.

Pratsetyo mengatakan, layanan digitalisasi tersebut yaitu Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yang dapat diakses melalui laman resmi igateway.pelindo1.co.id. Begitu juga dengan Container Terminal Operating System (CTOS) yang digunakan di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan.

Selain itu, Pratsetyo mengatakan Pelindo I juga melakukan transformasi tata nilai yaitu AKHLAK sesuai dengan core value Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). AKHLAK tersebut terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

“Pelindo I akan berkomitmen penuh untuk menerapkan Akhlak yang akan  dijadikan pedoman bagi seluruh insan Pelindo I dalam berperilaku dan menjalankan tugas pekerjaan sehari-hari,” ungkap Prasetyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement