Sabtu 12 Sep 2020 08:14 WIB

Liverpool Vs Leeds United: Duel Sang Jawara Vs Skuat Promosi

Adu taktik dua pelatih kesohor, Klopp vs Bielsa, menambah semarak duel di Anfield.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
Foto: Andrew Couldridge/Pool via AP
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Butuh 16 tahun bagi Leeds United untuk kembali ke Liga Primer Inggris. Kini armada the Whites telah berada di kompetisi terelite Negeri Ratu Elizabeth.

Laga bergengsi langsung membuka petualangan Leeds pada musim 2020/2021. Skuat polesan Marcelo Bielsa bertemu Liverpool.

"Saya pikir para pemain, staf, semua orang di klub ini, terutama para penggemar tentu sangat senang. Kami akan memulai liga dengan pertandingan besar," kata gelandang serang Leeds, Pablo Hernandez, dikutip dari laman resmi klubnya, Jumat (11/9).

Partai tersebut berlangsung di Stadion Anfield, markas the Reds, Sabtu (12/9) malam WIB. Hernandez tak ingin sesumbar. Ia hanya meminta siapa pun yang diturunkan harus memberikan segalanya bagi pasukan Elland Road.

Eks jugador Valencia itu paham bagaimana kualitas tuan rumah. Liverpool merupakan juara bertahan Liga Primer Inggris. Dua musim lalu, the Kop kampiun Liga Champions. "Kami tahu sangat sulit mengambil poin dari mereka, tapi Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi nanti," ujar Hernandez.

Leeds datang ke Liga Primer Inggris dengan bekal mentereng. Armada the Peacocks berstatus pemenang Divisi Championship 2019/2020.

photo
Marcelo Bielsa - (EPA-EFE/DAN HIMBRECHTS )

Hernandez menegaskan kubunya tak ingin sekadar numpang lewat. Ia paham kesulitan besar menanti. Bukan cuma di partai kontra Liverpool. Tapi dalam perjalanan anak asuh Bielsa semusim ke depan. "Kami memiliki kepercayaan diri yang besar, bersama pemain baru kami bisa meningkatkan kualitas tim," ujar pemain asal Spanyol itu.

Kubu tuan rumah dalam misi mempertahankan gelar. Bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold mengakui bukan perkara mudah mengejar target tersebut.

Para kompetitor tak tinggal diam. Segenap tim elite Inggris sudah berbenah. Bahkan kekuatan klub-klub kecil tak bisa disepelekan. Aspek motivasi bisa berdampak pada keajaiban. "Tim lain akan lebih termotivasi ketika melawan kami," kata Arnold dikutip dari Sky Sports.

Kini Leeds United menjadi lawan pertama. Sebuah tim promosi yang sedang bergairah. Liverpool patut waspada akan daya ledak Liam Cooper dkk.

Arnold menyadari hal itu. Tak ada hasil positif yang diraih dengan mudah. Ia menegaskan kubunya harus terus berkembang dan melupakan kepuasan pada masa lalu. "Kami perlu menjaga mentalitas. Itu hal utama yang membantu kami sejauh ini," ujar sosok yang baru saja menjadi pemain muda terbaik Liga Inggris musim 2019/2020 itu.

Nyaris 100 persen pemain kunci the Reds bisa mentas di laga pembuka liga. Hanya Georginio Wijnaldum yang masih terikat rumor menuju Barcelona. Gelandang asal Belanda itu diprediksi tidak diturunkan.

Liverpool jelas menjadi unggulan dalam laga ini. Selain sebagai juara bertahan, dalam 26 partai kandang terakhir pada ajang Liga Primer, the Reds meraih 25 kemenangan.

Kubu Merseyde Merah pun memenangkan enam laga dari tujuh duel terakhir kontra Leeds di berbagai kompetisi. Namun, sepak bola selalu menghadirkan kejutan.

Menarik dinantikan duel sang jawara kontra tim promosi pada akhir pekan ini. Adu taktik dua pelatih kesohor, Klopp versus Bielsa, juga menambah semarak pertarungan di Anfield.

Prediksi Susunan Pemain Kedua Tim

Liverpool (4-3-3)

Kiper: Alisson

Bek kiri, kanan: Robertson, Alexander Arnold

Bek tengah kiri, kanan: Van Dijk, Gomez

Gelandang kiri, tengah, kanan: Keita, Fabinho, Henderson

Penyerang kiri, tengah, kanan: Mane, Firmino, Salah

Pelatih: Juergen Klopp

Leeds United (4-5-1)

Kiper: Meslier

Bek kiri, kanan: Dallas, Ayling

Bek tengah kiri, kanan: Cooper, Koch

Winger kiri, kanan: Harrison, Costa

Gelandang tengah kiri, tengah, kanan: Hernandez, Phillips, Klich

Penyerang: Moreno

Pelatih: Marcelo Bielsa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement