Rabu 09 Sep 2020 04:19 WIB

Ronaldo Cetak Gol ke-100 Saat Bawa Portugal Kalahkan Swedia

Ronaldo menyusul Ali Daei sebagai pemain pria kedua yang mencetak 100 gol di timnas.

Cristiano Ronaldo merayakan golnya yang ke-100 untuk Portugal saat menjebol gawang Swedia di UEFA Nations League.
Foto: EPA-EFE/Janerik Henriksson
Cristiano Ronaldo merayakan golnya yang ke-100 untuk Portugal saat menjebol gawang Swedia di UEFA Nations League.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Rekor tercipta saat Portugal mengalahkan 10 pemain Swedia 2-0 dalam pertandingan Grup 3 Liga A (A3) UEFA Nations League di Friends Arena, Solna, Swedia, Rabu (9/9) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo melesakkan tendangan bebas luar biasa pada babak pertama untuk menjadi pemain pria kedua yang mencetak 100 gol internasional bersama tim nasional. Kapten Portugal ini menjebol gawang Swedia dari situasi bola mati tepat sebelum turun minum, untuk bergabung dengan Ali Daei yang mengoleksi 109 gol untuk Iran. 

Kemenangan ini membuat Portugal memimpin klasemen sementara Grup A3 dengan nilai enam. Portugal unggul selisih gol dari Prancis di posisi kedua.

Baca Juga

Ronaldo menjadi ancaman bagi lini belakang Swedia sejak awal pertandingan. Pemain berusia 35 tahun itu lolos dari jebakan offside, tetapi kiper Swedia Robin Olsen mampu mengadangnya. Ronaldo kemudian beberapa kali menciptakan situasi berbahaya, tapi gagal oleh ketatnya pertahanan tuan rumah.

Pekerjaan Ronaldo jadi lebih mudah ketika Gustav Svensson menerima kartu kuning keduanya. Ia dikeluarkan wasit Danny Makkelie dari lapangan pada menit ke-44 karena pelanggaran kepada Joao Moutinho di tepi kotak penalti Swedia. Pelanggaran itu menciptakan peluang bagi Portugal memecah kebuntuan.

Ronaldo melangkah maju dan melepaskan tendangan yang membuat bola menukik jauh dari jangkauan Olsen yang sudah berusaha melompat tapi gagal menghalaunya. Babak pertama, Portugal unggul 1-0.

Swedia berjuang untuk menahan gempuran tim tamu pada paruh kedua. Namun Ronaldo kembali mencetak gol pada menit ke-73 dengan sepakan melengkung, kali ini dari permainan terbuka. Gol ke-101 ini membuat Ronaldo hanya berjarak delapan gol lagi untuk menyamakan rekor Ali Daei.

Susunan pemain:

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Emil Krafth, Filip Helander, Pontus Jansson, Ludwig Augustinsson; Dejan Kulusevski (Albin Ekdal), Kristoffer Olsson, Gustav Svensson, Emil Forsberg (Mattias Svanberg); Alexander Isak (Robin Quaison), Marcus Berg

Pelatih: Janne Andersson

Portugal (4-3-3): Anthony Lopes; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Ruben Neves), Danilo Pereira, Bruno Fernandes; Bernardo Silva (Goncalo Guedes), Joao Felix, Cristiano Ronaldo (Diogo Jota)

Pelatih: Fernando Santos

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement