Ahad 30 Aug 2020 13:42 WIB

Perbedaan Utama Risalah Nabi Muhammad dan Nabi Terdahulu

Para Nabi terdahulu umumnya tidak diutus untuk semua bangsa manusia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Perbedaan Utama Risalah Nabi Muhammad dan Nabi Terdahulu. Foto ilustrasi: Perjalanan hijrah Nabi Muhammad bersama Abu Bakar dari Makkah ke Madinah (ilustrasi).
Foto: google.com
Perbedaan Utama Risalah Nabi Muhammad dan Nabi Terdahulu. Foto ilustrasi: Perjalanan hijrah Nabi Muhammad bersama Abu Bakar dari Makkah ke Madinah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Risalah dapat diartikan sebagai sesuatu yang diwahyukan Allah SWT berupa prinsip hidup, moral, ibadah dan aqidah untuk mengatur kehidupan manusia agar terwujud kebahagiaan di dunia dan akhirat. Salah satu ciri perbedaan utama risalah Nabi Muhammad SAW dengan para Nabi terdahulu adalah ruang lingkup objek dakwahnya.

Para Nabi terdahulu umumnya tidak diutus untuk semua bangsa manusia. Tetapi hanya

Baca Juga

dikhususkan untuk bangsanya sendiri saja.

Ustaz Ahmad Sarwat Lc dalam buku Fikih Interaksi Muslim Dengan non Muslim terbitan Rumah Fikih Publishing menjelaskan dan memberi contoh, umat Nabi Musa adalah bangsa Yahudi. Kalau bangsa Yahudi beriman kepada agama yang dibawa Nabi Musa, mereka disebut Muslim berkebangsaan Yahudi.

"Tapi kalau bangsa Yahudi membangkang dan tidak beriman kepada agama yang dibawa Nabi Musa, maka mereka menjadi kafir," kata Ustaz Sarwat dalam bukunya.

Ia menjelaskan, di masa lalu sebelum era kenabian Nabi Muhammad SAW, setiap bangsa itu punya Nabi sendiri-sendiri. Sebaliknya, ketika Rasulullah Nabi Muhammad SAW diutus, maka semua risalah peninggalan Nabi-Nabi terdahulu pun otomatis sudah dilenyapkan dan tidak berlaku lagi.

Sebab Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT tidak hanya kepada bangsa Arab, tetapi kepada semua umat manusia di dunia. Termasuk kepada umat terdahulu yang masih hidup di masa kenabian Nabi Muhammad SAW.

Maka agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW tidak disebut sebagai agama Arab. Cukup disebut sebagai agama Islam saja, karena sifatnya sudah jadi domain publik. Berbeda dengan agama umat terdahulu, meski semua berstatus sebagi 'agama Islam', namun penamaannya lebih identik dengan nama bangsa (kaum) masing-masing.

Sebelumnya, Ustaz Sarwat menjelaskan, semua agama yang dibawa para Nabi dan Rasul itu agama Islam. Lalu ada sebagian dari pengikutnya yang taat, tapi ada juga yang tidak taat. Mereka yang tidak taat inilah yang disebut sebagai bukan Islam.

Menurutnya, agama para Nabi adalah Islam bukan pandangan Islam liberal. Tetapi ini adalah pandangan Alquran Al-Karim.

"Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam." (QS Ali Imran: 19).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement