Kamis 27 Aug 2020 02:10 WIB

Ciri Khas PTKIN Keseimbangan Ilmu Umum dan Agama

Ilmu umum dan agama ciri khas PTKIN.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ciri Khas PTKIN Keseimbangan Ilmu Umum dan Agama. Foto: Pengamat Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah, Jejen Musfah.
Foto: Dok Republika
Ciri Khas PTKIN Keseimbangan Ilmu Umum dan Agama. Foto: Pengamat Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah, Jejen Musfah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti Universitas Islam Negeri (UIN) memiliki keseimbangan antara ilmu umum dan ilmu agama. Hal inilah yang menjadi ciri khas PTKIN dan pembedanya dari kampus-kampus lainnya.

Pengamat Pendidikan Islam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jejen Musfah mengatakan, apa kekhasan UIN sehingga banyak orang masih mempercayakan UIN sebagai tempat pendidikan lanjutan untuk anak-anaknya. Kekhasan itu adalah keseimbangan antara ilmu umum dan ilmu agama.

Baca Juga

"Meski belajar program studi umum (di UIN) tapi mahasiswa dapat mata kuliah keagamaan seperti bahasa Arab dan praktik ibadah dan qiraat, juga ada budaya keagamaan," kata Jejen kepada Republika, Selasa (25/8)

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) menyampaikan bahwa peminat atau calon mahasiswa baru di PTKIN semakin meningkat setiap tahunnya. Mereka mencatat tahun 2018 ada sebanyak 103.444 calon mahasiswa PTKIN, tahun 2019 sebanyak 122.981 calon mahasiswa, dan tahun 2020 ada sebanyak 135.444 calon mahasiswa yang ingin masuk kampus UIN, IAIN dan STAIN.

Menurut Pengamat Pendidikan Islam dari UIN Jakarta ini ada faktor yang membuat PTKIN dalam hal ini UIN semakin diminati. Di antaranya faktor fakultas keguruan karena profesi guru saat ini menjanjikan kesejahteraan. "Ada sertifikasi guru, mengajar di sekolah-sekolah elit juga menjanjikan (kesejahteraan)," ujarnya.

Faktor lain UIN semakin diminati calon mahasiswa, menurutnya karena faktor program studi dan fakultas umum yang ada di UIN. Seperti program studi sains, politik, dan kedokteran. Bahkan program studi umum lebih diminati dibanding program studi agama.

Jejen juga mengingatkan masih ada yang perlu ditingkatkan dan menjadi perhatian PTKIN. Yaitu penguatan bahasa asing, jiwa wirausaha, dan kreativitas serta inovasi riset dalam bentuk artikel dan buku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement