Senin 24 Aug 2020 05:44 WIB

Pawai Delman Hiasi Kantor Walkot Jakbar pada Hari Liburan

Budaya delman yang sederhana dihias bunga dan membuat Indonesia bangga.

Rep: Akhmad Nursyeha/ Red: Erik Purnama Putra
Pawai delman di depan kantor Wali Kota Jakarta Barat, Ahad (23/8).
Foto: Akhmad Nursyeha
Pawai delman di depan kantor Wali Kota Jakarta Barat, Ahad (23/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arak-arakan delman menghiasi Kantor Wali Kota Jakarta Barat (Jakbar) dengan hiasan ornamen budaya Betawi dan dibalut bunga-bunga mengelilingi halaman kantor Wali Kota Jakbar pada Ahad (23/8) pagi WIB. Terdapat 10 delman yang sudah dihias bersama empat ondel-ondel berpakaian merah putih dengan iringan musik gambang keromong.

Deretan delman tersebut dihias dengan sejumlah ornamen yang menggambarkan kebudayaaan Indonesia. Mulai dari berhiaskan logo Garuda Pancasila, Tugu Monas, rumah Kebaya serta hiasan bunga-bunga mempercantik pawai delman itu

Di masing-masing delman menerapkan jaga jarak lantaran hanya diisi oleh seorang kusir dan satu penumpang di belakang yang bermasker. Sedangkan empat pasang ondel-ondel yang ikut dalam pawai turut mengenakan masker sebagai tanda mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Meski hanya berkeliling kantor Wali Kota Jakbar dan tanpa disaksikan oleh banyak orang seperti layaknya pawai kemerdekaan, kemeriahan itu cukup terasa. Ketua World Flower Council (WFC) Indonesia, Maya Solihin, yang menggagas acara ini mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud upayanya dalam memeriahkan HUT ke-75 RI.

Maya menjelaskan, tujuan acara ini kami ingin berikan semangat kepada seluruh sektor kreatif bunga dalam pandemi Covid-19 ini untuk bangkit. "Kita juga ingin perlihatkan pada dunia karena kami perwakilan WFC Indonesia di mana ada 52 negara (WFC). Kami ingin perlihatkan budaya delman yang sederhana dihias bunga dan membuat Indonesia bangga," ujar Maya usai mengikuti pawai,

Beberapa warga yang sedang menikmati akhir pekan di taman Walkot Farm 4.0 cukup antusias melihat pawai delman hias ini. Sebagian dari mereka memanfaatkannya untuk berswafoto dengan latar belakang delman hias dan ondel-ondel.

"Kami juga ingin berikan semangat sektor kreatif bunga. Kita tidak boleh diam dalam pandemi ini karena ekonomi tetap berjalan dan kita semua tetap patuhi protokol Covid-19," kata Maya.

Acara yang bernamakan Semarak Bunga untuk Indonesia ini membuat pihaknya sengaja melibatkan Pesatuan Perjuangan Delman Betawi (PPDB) dalam menghiasi arak-arakan dengan menggunakan delman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement