Kamis 20 Aug 2020 16:29 WIB

Kasus Covid-19 Purwakarta Kembali Naik

Tercatat ada tambahan 12 warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus Covid-19.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah
Pasien Covid-19. Ilustrasi
Foto: MADRID REGIONAL PRESIDENCY
Pasien Covid-19. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Setelah belasan warga yang positif Covid-19 dinyatakan negatif, kasus Covid-19 kembali naik. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta mencatat adanya 12 warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

“Terjadi penambahan jumlah pada warga yang berstatus terkonfirmasi positif sebanyak 12 orang. Kini, jumlahnya menjadi 32 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Kamis (20/8).

Baca Juga

Deni menuturkan penambahan kasus ini dikarenakan masyarakat yang tidak menaati anjuran protokol kesehatan. Mengingat saat ini tidak diberlakukannya lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedisiplinan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan juga dianggap menjadi faktor bertambahnya jumlah orang yang terpapar pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, kata dia, swab test massal dilakukan secara masif oleh instansi terkait juga menjadi hal yang dapat membantu mendeteksi siapa saja warga yang terpapar Covid-19. Ini menjadi deteksi dini penyebaran Covid-19 di masyarakat. Gugus Tugas juga tak henti-hentinya terus melakukan sosialisasi agar warga mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi ini masih belum selesai.

“Masyarakat tetap waspada dan tetap menjalankan anjuran pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi ini,” ujarnya.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Dinkes Purwakarta untuk menghadapi situasi ini, Deni menyebutkan melalui pelacakan yang efektif, pelaksanaan manajemen klinis sesuai Permenkes nomor 413 tahun 2020, dan berkoordinasi dengan tim Covid-19 pusat juga provinsi. Dia mengatakan, masyarakat diminta untuk tetap melakukan anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Pasalnya, diperlukan peran semua pihak untuk secara bersama-sama melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Secara kumulatif jumlah warga yang terkonfirmasi positif di wilayah Kabupaten Purwakarta terdapat 123 orang. Secara keseluruhan, telah dinyatakan sembuh sebanyak 87 orang. Sebelumnya, kami catat juga ada empat orang positif telah meninggal dunia, dan hari ini, masih terdapat 32 orang yang berstatus terkonfirmasi positif," ujar dr Deni.

Deni menjelaskan, ke-32 warga terkonfirmasi tersebut, 13 orang di antaranya terdapat di Kecamatan Purwakarta, empat orang di Jatiluhur, satu orang di Plered, empat orang di Tegalwaru, satu orang di Darangdan, satu orang di Bojong, satu orang di Wanayasa, empat orang di Babakan Cikao, dua orang di Campaka dan satu orang di Kecamatan Bungursari.

“Data lainnya juga kami sampaikan, untuk kontak erat jumlahnya bertambah tujuh orang, kini jumlahnya menjadi 112 orang, Suspek tetap 18 orang dan Probable nihil," ucapnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement