Rabu 19 Aug 2020 21:55 WIB

Masjid Godhra Diubah Jadi Pusat Perawatan Covid-19

Masjid Godhra kini memiliki 50 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Godhra Diubah Jadi Pusat Perawatan Covid-19. Foto ilustrasi
Foto: REUTERS/Adnan Abidi
Masjid Godhra Diubah Jadi Pusat Perawatan Covid-19. Foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, GODHRA -- Masjid Aadam di Godhra, India kini telah diubah menjadi pusat perawatan Covid-19 (Covid Care Centre) di bawah perawatan Rumah Sakit Sipil Godhra. Masjid Aadam kini memiliki 50 tempat tidur.

Tempat tersebut biasa dipakai untuk sholat dan Islamic Study Center, di mana anak-anak biasanya menghadiri kelas secara teratur. Fasilitas itu didirikan setelah adanya nota kesepahaman (MoU) antara District Collector Panchmahals dan kepercayaan Masjid Aadam. Dari total staf medis di Pusat, 50 persen staf berasal dari rumah sakit sipil Godhra, sementara profesional medis lokal dari komunitas juga ikut serta.

Baca Juga

"Ada kebutuhan untuk Covid Care Center yang berdedikasi di Godhra. Kami mendapatkan rata-rata 20 pasien setiap hari," kata District Collector Panchmahals, Amit Arora, dilansir dari laman Indian Express, Rabu (19/8).

Fasilitas tersebut memiliki pasien dari berbagai desa di Godhra, Dahod dan Jhalod Taluka di distrik yang mendapatkan perawatan gratis. Sebagian masjid terbuka untuk umat dengan peraturan ketat pedoman Covid-19.

Masjid Aadam denga dua lantai ini dibangun oleh warga Mujawar di Godhra lima tahun lalu, untuk sholat dan Pusat Studi Islam (madrasah). Setelah lockdown Covid-19, masjid dan madrasah ditutup sesuai pedoman pemerintah negara bagian. Namun, masjid dibuka kembali selama pembukaan kedua.

"Setelah sholat Jumat (sebelum wabah Covid-19), bahkan aula madrasah dulu dipenuhi orang untuk sholat. Aula tersebut telah digunakan untuk studi Islam bagi anak-anak di daerah tersebut. Namun, mengingat pandemi tersebut, kami memutuskan untuk mengubah aula menjadi pusat perawatan Covid," ucap Pembina Masjid-e-Adam, Ishaq Patel.

Fasilitas ini memiliki bangsal terpisah untuk wanita dan mencakup lima fasilitas Bilevel Positive Airway Pressure (BiPap) dengan 16 tempat tidur yang terhubung ke saluran oksigen. Saat ini, ada 50 pasien dengan gejala Covid-19 ringan hingga sedang di pusat, dengan pihak berwenang menyatakan pasien diambil terlepas dari kasta atau agama mereka.

Adapun Rumah sakit ini memiliki dua dokter MD, tiga dokter MBBS, tujuh dokter BAMS dan DHMS, 25 perawat dan staf lainnya. Para pasien diberi makanan oleh Al Hayat Trust, yang dibentuk oleh dokter setempat dan anggota masjid.

"Ada kebutuhan untuk rumah sakit (lain) karena rumah sakit sipil hanya memiliki 100 tempat tidur. Beberapa hari yang lalu, 150 tempat tidur ditingkatkan oleh otoritas lokal. Pasien pertama kali datang kepada kami dan setelah mereka diperiksa, kami membawa mereka ke rumah sakit sipil untuk pengujian dan perawatan Covid-19 di pusat tersebut. Kami merujuk kasus yang parah ke rumah sakit sipil. Perawatan diberikan secara gratis di pusat," kata Sekretaris Trust, Zuber Mamji.

"Hingga saat ini, kami telah melayani 200 pasien tidak hanya dari Godhra, tapi juga desa-desa lain, talukas dan kabupaten lainnya, termasuk Anand. Mayoritas pasien telah pulih sepenuhnya dan dipulangkan. Hanya satu pasien yang meninggal di sini sejauh ini," lanjutnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement